Wednesday 3 July 2019

15 Jenis Makanan di Pasar Ramadhan UGM, Makanan Kekininan Part 1!

15 Jenis Makanan di Pasar Ramadhan UGM, Makanan Kekininan Part 1!

kerak telor
My Own Property/Pasar Ramadhan UGM
Setelah sebelumnya mengulas tentang 15 Jenis Minuman di Pasar Ramadhan UGM, kali ini kita akan mengulas makanan apa saja yang ada di pasar ramadhan UGM. Pastinya sangat seru karena beragam makanan beraneka rasa bisa kita temukan di sini. Mulai dari makanan jadul hingga kekinian, yang biasa hingga yang unik, yang lokal maupun makanan asing bisa kita temukan juga. Mau pilih yang ringan atau yang berat, yang pedas, manis, gurih, yang berkuah, atau yang seperti apa? Pastikan kita memilih sesuai keinginan dan selera kita ya. Lalu apa saja makanan yang ada di pasar ramadhan UGM? Berikut 15 jenis makanan yang ada di pasar ramadhan UGM Part 1 yang sangat cocok dinikmati saat berbuka puasa.

Kerak Telor Khas Betawi 

pasar ramadhan UGM
My Own Property/Kerak Telor Betawi
Makanan khas Betawi ini memang sudah banyak ditemukan di mana-mana. Rasanya yang gurih menjadikan makanan yang satu ini cocok untuk lidah orang Indonesia. Kerak telor adalah makanan yang terbuat dari bahan dasara adonan beras ketan putih, telor ayam, bawang merah, ebi, kelapa sangria dan bahan lainnya. Memasaknya menggunakan tungku kecil dan wajan kecil.

Sosis Bakar dan Sosis Goreng

pasar ramadhan ugm
My Own Property/Sosis Bakar dan Goreng
Mungkin yang satu ini hampir semua orang pernah memakannya, yaitu sosis. Sosis adalah olahan bahan dasar daging dengan berbagai bumbu dan rempah lainnya. Biasanya ada sosis ayam dan sapi, bergantung selera. Biasanya ada yang langsung bisa dinikmati dan ada yang harus dimasak terlebih dahulu. Lebih enak lagi jika digoreng atau dibakar dengan tambahan bumbu lainnya seperti kecap, saus, dan sambal.
Pecel, Gorengan

Pecel
My Own Property/Pecel
Makanan legenda yang satu ini memang tidak pernah ada habisnya, yaitu pecel. Berbagai jenis sayuran yang dimasak hingga matang atau terkadang ada yang setengah matang dan mentahan dicampur dengan saus atau sambal kacang terbaik. Sayar yang digunakan biasanya ada kangkung, bayam, daun singkong, combrang, dan berbagai sayuran sesuai selera. Biasanya disajikan dengan tambahan nasi dan gorengan.

Bakwan Kawi

masterpiece indonesia
My Own Property/Bakwan Kawi
Bakwan kawi terkenal berasal dari Jawa Timur. Makanan ini terbuat dari tepung kanji dengan berbagai bahan dan bumbu lainnya yang kemudian digoreng hingga kering luarnya namun tetap kenyal dalamnya. Bentuknya sendiri seperti pangsit namun tidak terlalu kering. Untuk menikmati makanan ini kita biasanya menggunakan mangkok dengan kuah panas yang segar dengan tambahan kecap, saus, sambal, dan potongan daun bawang.

Cumi Bakar

dedepurnomo393.blogspot.com
My Own Property/Cumi Bakar
Cumi memang saat ini makin banyak digemari, terutama cumi bakar yang satu ini. Makanan yang bisa dibilang baru dan kekinian yang bisa menyedot perhatian pecinta kuliner. Rasanya yang enak tentu menjadi alasan tersendiri, terlebih dengan racikan bumbu khusus yang disajikan oleh penjualnya.

Nasi Jenggo, Nasi Kuning

nasi kuning
My Own Property/Nasi Jenggo dan Nasi Kuning
Jika ingin kenyang, bisa coba nih makanan berat yang satu ini, nasi jenggo dan nasi kuning. Nasi jenggo adalah makanan siap saji khas Bali yang dibungkus dengan daun pisang dengan porsi kecil. Di dalamnya ada nasi putih dengan lauk dan sambalnya. Mungkin mirip nasi kucing ya. Jadi kalau beli nasi jenggo ini biasanya lebih dari satu. Selain itu, ada juga nasi kuning dengan berbagai lauknya. Warna kuning ini adalah warna alami yang biasanya dari kunyit. Rasanya sangat khas, terlebih dengan tambahan lauknya seperti mie, kacang, telor, tempe, dll sesuai selera.

Baca Juga:
Bakso Tusuk, Tahu Bakso, Bakso Kuah, Bakso Kering, Bakso Pedas, Bakso Gurih

bakso tusuk, bakso kuah, bakso pedas
My Own Property/Olahan Bakso
Olahan bakso memang tidak pernah ada habisnya dan tidak pernah membosankan. Makanan yang terbuat dari olahan daging, tepung, dan bumbu lainnya ini menciptakan rasa yang tidak pernah membosankan. Bentuknya yang bulat menjadi ciri makanan yang satu ini. berbagai varian olahan bakso sangat popular bagi pecinta kuliner seperti bakso kuah original, bakso, tusuk, pedas, kering, dan sebagainya.

Batagor, Siomay, Pempek

batagor, siomay, pempek
My Own Property/Batagor, Siomay, Pempek
Ketiga jenis makanan ini menjadi jajanan favorit masyarakat dengan rasa khasnya masing-masing. Yang pertama ada bagator atau basko tahu goreng yang terkenal dari Jawa Barat. Sesuai namanya batagor ini terbuat dari bakso tahu yang kemudian digoreng dan disajikan dengan saus kacang yang menggugah selera. Kemudian ada siomay yang juga terkenal dari Jawa Barat. Olahan bahan dasar ikan dan tepung dengan bahan lainnya yang dibentuk bulatan ini menjadikan rasa yang khas. Untuk menyajikannya biasanya ada tambahan kol gulung, telur, tahu, dan pare yang kemudian disiram dengan saus kacang pedas. Yang ketiga ada pempek yang terkenal dari Palembang. Kuliner yang satu ini terbuat dari ikan dan tepung kanji dengan bumbu lainnya yang menjadikan rasanya nikmat dengan tekstur yang kenyal. Untuk menikmati pempek ini akan disajikan dengan saus cuka yang rasanya pedas, manis, dan asam yang menjadikannya sangat segar.

Sate Kere: Sate Gajih, Sate Jamur

sate kere jogja
My Own Property/Sate Kere
Sate kere mungkin sedikit asing dan aneh di telinga kita. Namun, sate kere ini sudah cukup terkenal di Yogyakarta, khususnya di pasar Beringharjo. Kalau biasanya sate terbuat daging, entah itu ayam, sapi, atau kambing, sate kere ini berbahan dasar gajih sapi atau lemak sapi. Unik bukan? Karena berbahan lemak sapi, sate ini mempunyai rasa yang unik juga tentunya dengan tambahan bumbu yang pas.

Telur Gulung

telur gulung jogja
My Own Property/Telur Gulung
Makanan ini memang sudah sejak dulu sudah ada, yaitu telur gulung. Adonan telur yang dikocok kemudian digoreng dalam minyak panas, dan digulung menggunakan tusuk sate ini menjadi favorit. Terlebih lagi disajikan dengan tambahan saus, sambal, dan kecap sesuai keinginan.

Sate Padang

sate padang
My Own Property/Sate Padang
Olahan sate memang banyak ragamnya, salah satunya sate padang. Sesuai namanya, sate ini adalah khas Padang, Sumatera Barat. Sate ini menggunakan bahan dasar daging sapi, ada juga lidah dan jerohan sapi seperti usus, tetelan, dan jantung. Untuk sausnya menggunakan saus kacang yang biasanya berwarna merah atau kuning. Untuk rasa tentunya sangat enak dan memiliki kekhasan tersendiri.
Salad, Takoyaki

salad takoyaki
My Own Property/Salad dan Takoyaki
Salad menjadi salah satu makanan yang bisa dibilang sehat karena menggunakan bahan-bahan yang segar dan tanpa proses pemasakan. Biasanya berupa sayur-sayuran dan dan buah yang dipotong kecil atau cincang kemudian ditambahkan saus sesuai selera. Kemudian ada juga takoyaki. Takoyaki adalah makanan atau jajanan khas Jepang. Saat ini takoyaki cukup cocok dengan lidah orang Indonesia. Kuliner ini berupa bola-bola kecil dari adonan terigu dan gurita sebagai isiannya. Untuk memakannya biasanya menggunakan tusukan kecil.

Sate Pentul

kuliner jogja
My Own Property/Sate Pentul
Sate pentul khas Palembang ini biasanya terbuat dari adonan ikan, tepung, telur,, dan bumbu lainnya yang kemudian dililitkan pada tusukan dan digoreng. Rasanya khas karena rasa ikannya terasa. Bisa juga ditambahkan sambal atau saus dan kecap agar rasanya semakin nikmat.

Nasi Samgor Cumi Hitam

nasi samgor cumi hitam
My Own Property/Nasi Samgor Cumi Hitam
Nasi samgor atau sambal goreng cumi hitam ini mungkin masih terdengar baru. Makanan ini berbahan cumi yang dioleh sedemikian rupa dengan nasi. Tentunya makanan ini mengenyangkan dan cocok untuk berbuka puasa. Untuk rasa, bisa dicoba sendiri ya, pastinya enak.

Sempol Pedas, Bakso Pedas

sempol dan bakso pedas
My Own Property/Sempol dan Bakso Pedas
Sempol ini terkenal berasal dari Jawa Timur. Biasanya yang terkenal adalah sempol ayam. Bahan dasarnya adalah tepung aci dan ayam dan bumbu lainnya yang dicampur dan dililitkan pada tusukan. Kemudian digoreng hingga matang dan dihidangkan dengan tambahan saus, kecap, dan sambal jika ingin rasa pedasnya. Ada juga bakso pedas yang dimasak dengan bumbu pedas yang siap dihidangkan.

Banyak lagi jenis makananya lho. Penasaran apa saja? Lanjutkan bacanya di 15 Jenis Makanan di Pasar Ramadhan UGM, Makanan Kekininan Part 2! ya. Semoga bermanfaat..semoga sukses!

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts