Monday 10 June 2019

Bus Trans Jogja, Keliling Jogja Cuma 3.500! Tarif, Fasilitas, Cara Naik, Rute, dan Jangkauan Trans Jogja

Bus Trans Jogja, Keliling Jogja Cuma 3.500! Tarif, Fasilitas, Cara Naik,  Rute, dan Jangkauan Trans Jogja

Trans Jogja
My Own Property 
Jika kita berkunjung ke Yogyakarta (Jogja) tanpa kendaraan pribadi, maka sangatlah tepat untuk menggunakan moda transportasi perkotaan yaitu Bus Trans Jogja. Trans Jogja adalah transportasi masa yang beroperasi di kota Jogja, lebih tepatnya di dalam ringroad. Jadi tidak usah khawatir jika kita berwisata ke Jogja tanpa kendaraan pribadi.

Sejak kapan adanya bus Trans Jogja ini?
Trans Jogja sudah mulai beroperasi sejak tahun 2008 lalu (sekarang 2019, maka sudah beroperasi 11 tahun yang lalu). selama kurang lebih 11 tahun ini Trans Jogja selalu meningkatkan kualitas pelayanannya seperti menambah jalur baru, menambah jumlah bus, dan peremajaan bus. Saat ini jumlah bus sekitar 129 bus (termasuk cadangan).

Jam berapa Trans Jogja mulai beroperasi?
Jam operasional Trans Jogja adalah pukul 05.30 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Jadi bagi yang ingin berangkat kerja, sekolah, kuliah, ataupun kegiatan lainnya bisa naik Trans Jogja lebih pagi. Untuk jam terakhir operasionalnya adalah sekitar pukul 21.30. Namun itu adalah batas akhir menurunkan penumpang. Batas akhir bus jalan mungkin sekitar jam 19.00 atau 20.00 hingga rute terakhir hingga pukul 21.30. Kalau sudah malam sebaiknya naik lebih awal, yaitu pukul 19.00 atau 19.30 jika tujuan kita lumayan jauh. Karena terkadang bus tidak akan menaikkan penumpang jika sudah jam 21.00 apalagi jika tujuan kita jauh. 

Baca Juga:

jam operasional trans jogja
My Own Property
Bagaimana cara naik Trans Jogja?
Untuk yang baru pertama kali naik Trans Jogja jangan coba menghentikan Trans Jogja di sembarang tempat ya, karena bus tidak akan berhenti. Bus hanya akan berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di halte yang sudah disediakan (ada sekitar 267 halte). Ada dua jenis halte yang tersedia, yaitu halte transit dan halte portable (begitu si menyebutnya). Kita bisa naik dan turun baik di halte transit maupun halte portable. Perbedaannya adalah, halte transit dijaga oleh petugas Trans Jogja (berseragam, bisa lebih dari 1 orang) dan ukurannya lebih besar, ada passing gatenya. Di sini kita bisa menanyakan ke petugas ataupun lihat peta rute bus tujuan kita, petugas akan menunjukan rute, dan kita membayar tiketnya. Jadi tidak takut salah bus ataupun tersesat. Setelah membayar kita akan mendapatkan print tiket, kita tinggal duduk menunggu bus rute kita datang, dan masuk bus hingga ke tujuan kita. Berbeda dengan halte transit, halte portable ukurannya lebih kecil, tidak dijaga oleh petugas Trans Jogja, dan hanya tempat naik dan turun saja. Biasanya ada tombol lampu jika kita akan naik, jika tidak naik maka tombol tidak perlu ditekan. Jika bingung naik bus yang mana, maka kita hanya tinggal menyetop saja bus yang lewat kemudian utarakan tujuan kita, jika searah maka kita akan dipersilahkan masuk bus dan membayar tiket di dalam.

Baca Juga:

Berapa tarif tiket Trans Jogja?
Ada beberapa jenis tarif tiket Trans Jogja. Untuk tarif tiket regular single trip yaitu Rp 3.500,-. Tiket ini untuk penumpang umum, tanpa kartu langganan. Kita membayar cash langsung ke petugas Trans Jogja. Untuk tarif tiket menggunakan kartu langganan reguler adalah Rp 2.700,-. Tiket ini menggunakan kartu langganan regular (umum, bukan pelajar) yang kita buat dan mengisi saldonya. Kita hanya tinggal mengetap kartu langganan di mesin yang sudah disediakan, maka otomatis saldo kita akan berkurang sesuai tarif. Kemudian ada tarif tiket kartu langganan pelajar yaitu Rp 2.000,-. Jika kita sering naik Trans Jogja maka sebaiknya kita membuat kartu langganan karena akan lebih hemat dan praktis.

Bus trans jogja
My Own Property
Bagaimana cara membuat kartu langganan Trans Jogja?
Untuk membuat kartu langganan Trans Jogja, kita hanya tinggal datang saja ke halte tertentu yang bisa membuat kartu langganan karena tidak semua halte bisa membuatnya. Berikut beberapa halte yang bisa membuat kartu langganan Trans Jogja:
  • Halte Bandara Adisucipto
  • Halte Terminal Jombor
  • Halte Laksda Adisucipto Ambarukmo Plaza
  • Halte Terminal Giwangan
  • Halte Senopati Taman Pintar
  • Halte Tentara Pelajar SAMSAT

Lalu apa saja yang perlu disiapkan? Apakah hanya warga Jogja saja yang bisa membuat kartu langganan Trans Jogja? Tidak hanya warga Jogja saja yang bisa membuat kartu langganan ini, dari luar Jogjapun bisa. Syaratnyapun mudah.

Cara membuat:
  • Kita tinggal datang saja ke halte tersebut di atas dengan membawa KTP asli.
  • Utarakan maksud dan tujuan kita ingin membuat kartu langganan. Maka petugas akan mengecek KTP kita dan memberikan formulir untuk kita isi.
  • Setelah selesai mengisi formulir, kita serahkan formulir kembali ke petugas.
  • Tidak ada biaya untuk membuat kartu langganan Trans Jogja alias gratis. Kita hanya harus mengisi saldo awal kartu kita agar siap digunakan minimal Rp 15.000,-.
  • Setelah diisi saldo, kartu sudah jadi saat itu juga dan akan langsung diberikan kepada kita.
  • Waktu pembuatan hanya sekitar 5 menit, maka kartu langganan Trans Jogja siap digunakan.


trans jogja
My Own Property
Halte portable trans joga
My Own Property
Berapa saldo isi ulang kartu langganan Trans Jogja?
Kita bisa mengisi ulang kartu langganan Trans Jogja dengan minimal Rp 15.000,-, Rp 25.000,-, Rp 50.000,-, Rp 75.000,-, dan Rp 100.000,-. Untuk mengisi dan mengecek saldo kartu langganan, kita tinggal datang saja ke halte tersebut di atas, dan utarakan tujuan kita.
 
Kartu langganan trans jogja reguler
My Own Property
 
Apa saja fasilitas di Trans Jogja?
Bus Trans Jogja adalah bus AC dengan seat (kursi) berjumlah 20 kursi. Dengan rician secara umum 4 kursi belakang, 4 kursi samping kanan dan 4 kursi samping kiri (berhadapan), 2 kursi prioritas (lansia, difabel, ibu menyusui), 4 kursi samping kanan depan, dan 2 kursi samping kiri depan. Space tengah untuk penumpang berdiri (ada sekitar 20 tempat pegangan gantung). Tempat sampah, pemadam kebakaran, musik, pengharum, CCTV (semua bus terpantau CCTV, sehingga aman dari tindak kejahatan), lampu (jika malam hari), dan kursi yang nyaman.

Baca Juga:




fasilitas trans jogja
My Own Property
Bagaimana jalur/rute Trans Jogja?
Ada banyak bus sesuai dengan rutenyanya. Saat ini ada jalur: 1A, 1B, 2A, 2B, 3A, 3B, 4A, 4B, 5A, 5B, 6A, 6B, 7, 8, 9, 10, 11 dengan rute yang berbeda-beda. Untuk lebih detail rutenya bisa lihat di http://dishub.jogjaprov.go.id/trans-jogja. Dan perlu diingat bahwa ketika naik Trans Jogja ada system transit, yaitu kita akan dialihkan ke bus lain yang sesuai dengan tujuan kita tanpa harus membayar lagi jika tujuan kita memang perlu untuk transit, jika tidak maka kita hanya perlu naik bus sekali saja. Kita bisa transit di halte transit sesuai dengan rutenya. Agar tidak bingung tanyakanlah kepada petugas Trans Jogja. Jadi kita bisa lebih hemat dan tentunya sampai dengan tujuan kita.

rute jalur trans jogja
My Own Property
Apa saja tempat wisata yang bisa dijangkau Trans Jogja?
Banyak tempat wisata yang bisa dijangkau dengan Trans Jogja, diantaranya Malioboro, Benteng Vredeburg, Taman Pintar, Taman Sari, Candi Prambanan, Museum Affandi, Tugu Jogja, Keraton Jogja, Monjali, Kebun Binatang Gembira loka, dan pusat perbelanjaan dan hotel seperti mall dan pasar.

Apa saja pusat pendidikan/kampus yang bisa dijangkau Trans Jogja?
Trans Jogja dapat menjangkau banyak kampus/universitas di Jogja seperti UGM, UNY, Sanata Dharma, UMY, UAD, Amikom, Stikes, UPN, UMBY, UII, UIN Sunan Kalijaga, UKDW, dan lainnya.
bus trans jogja
My Own Property
Apa saja tempat vital yang bisa dijangkau Trans Jogja?
Tempat vital yang bisa dijangkau Trans Jogja, seperti: Bandara Adisutjipto, Terminal Giwangan, Terminal Jombor, Stasiun Kereta Api Yogyakarta, Stasiun Lempuyangan, Rumah Sakit Provinsi Sardjito, RS JIH, RS Bethesda, RS Panti Rapih, Samsat, dan lainnya. Jadi ketika kita baru saja sampai di Jogja entah itu di terminal, stasiun, ataupun bandara tanyakan saja ke petugas yang ada di sana, maka kita akan ditunjukan halte Trans Jogja tersebut.

Itu lah beberapa ulasan tentang Bus Trans Jogja. Dengan tiket yang terjangkau, yaitu Rp 3.500,- kita bisa berkeliling Jogja dengan bus yang nyaman dan aman. Semoga bermanfaat..semoga sukses!

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts