Saturday 20 April 2019

Pesona Curug Sewu Kendal

Pesona Curug Sewu Kendal

Kendal
My Own Property
     Air terjun yang satu ini mungkin tidak asing lagi bagi kalian para pecinta wisata alam ataupun para traveler di Indonesia, yaitu Curug Sewu. Terlihat dari namanya mungkin lebih identik dengan Bahasa Jawa ya. Curug Sewu (dalam Bahasa Indonesia “Air Terjun Seribu”) ini berlokasi di Desa Curugsewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Katanya sih Curug Sewu menjadi air terjun tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai sekitar 70 meter. Dengan ketinggian tersebut tentunya bisa dirasakan dong betapa indahnya curug tersebut.

Curug Sewu
My Own Property
     Untuk menuju lokasi tersebut aksesnya cukup mudah, bisa menggunakan mobil ataupun motor. Tempat parkirnyapun cukup luas. Jadi tidak perlu khawatir jika kalian ingin datang bersama teman-teman kalian yang banyak. Tiket masuknyapun cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000,00 per orang. Mungkin untuk tiket masuk bisa berubah seaktu-waktu, jadi harus antisipasi ya.

Curug Sewu
My Own Property
     Kemudian, untuk mencapai air terjun sebenarnya ada beberapa jalan. Kebetulan saya melewati jalan dari atas yang nantinya menuju ke bawah. Dari atas, mungkin belum terlihat jelas air terjunnya, namun desiran air tentu sudah sangat terasa. Selain itu, ada juga jembatan merah di atas sungai tepat beberapa meter di atas aliran air terjun tersebut. dari atas juga terlihat pemandangan yang bagus dengan hembusan angin yang sangat segar tentunya karena lokasinya memang dikelilingi hutan yang hijau.

Masterpiece Indonesia
My Own Property
     Untuk menuju ke bawah, kita akan melewati tangga yang lumayan curam, jadi harus lumayan hati-hati ya. Namun tenang saja karena disetiap tangga ada pembatasnya berupa bambu. Ada juga beberapa titik untuk beristirahat dan berswafoto sebelum mencapai bawah. Sembari beristirahat juga bisa menikmati hembusan angin dari air terjun yang dingin dan sejuk dengan hembusan uap air yang terbawa oleh angin tersebut. Setelah itu barulah menuju ke bawah. Di sini, jalannya cukup basah dan licin, jadi harus berhati-hati. Karena jalannya masih alami yaitu dari tanah yang sudah sedikit dirapikan. Disitu, kita bisa menikmati hembusan angin yang bercampur dengan air yang berasal dari hembusan air terjun tersebut. Jadi siap-siap baju ganti ya karena bisa-bisa baju kita basah kuyup karenanya.

Curug Kendal
My Own Property
     Setelah mencapai bawah, barulah kita bisa menikmati suasana yang begitu damai dan sejuk. Namun, kita hanya bisa menikmati air terjun tersebut dari kejauhan, hanya dari seberang saja, Kita tidak boleh turun ke sungai, apalagi mandi dan berswafoto di air terjun tersebut. itu dikarenakan akan membahayakan para pengunjung jika terlalu dekat karena airnya yang cukup deras. Terlebih jika ada sesuatu yang tidak diinginkan terjadi seperti terpeleset, banjir, dan sebagainya. Maka sebaiknya patuhilah aturan yang ada. Walaupun hanya dari kejauhan, tapi tentu aja pesona Curug Sewu tetap bisa dirasakan karena hembusan angin dan air yang sejuk dari air terjun tersebut sangat terasa.

Air terjun kendal
My Own Property
     Selain menikmati air terjun, di sini juga terdapat beberapa fasilitas menarik lainnya, seperti kolam renang, taman bermain, kebun binatang mini, dan sebagainya. Banyak titik yang bisa menjadi tempat menarik untuk berfoto dan bersantai seperti beberapa patung hewan dan juga replica vespa yang cukup besar.

air terjun kendal
My Own Property
     Selain itu, di sini juga ada gardu pandang yang memang letaknya sangat strategis. Dari tempat ini kita bisa melihat keindahan sekeliling dan tentunya sangat tenang. Kalau masalah perut, tidak usah khawatir karena disini juga banyak penjual-penjual makanan yang lumayan terjangkau dan rasanyapun enak. Kemudian juga ada fasilitas penunjang lainnya seperti mushola, toilet, dll.

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts