Monday 24 June 2019

Wisata Candi Plaosan Klaten, Wisata Sejarah Penuh Keindahan

Wisata Candi Plaosan Klaten, Wisata Sejarah Penuh Keindahan

masterpiece indonesia
My Own Property/Candi Plaosan Klaten
Berbicara tentang wisata candi memanglah menyenangkan. Hal yang mungkin terbesit pertama kali adalah tentang sejarah kebudayaan Budha ataupun Hindu di masa lalu, keindahan relief, kemegahan bangunan candi, dan spot foto yang indah. Mungkin itu yang terbesit ketika mendengar nama candi yang satu ini, yaitu Candi Plaosan Klaten. Candi Plaosan adalah salah satu candi Budha dengan sedikit sentuhan Hindu. Candi Plaosan ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Klaten selain beberapa candi terkenal lainnya.

dedepurnomo393.blogspot.com
My Own Property/Candi Plaosan Klaten
Wisata Candi Plaosan ini berlokasi di Jl. Candi Plaosan, Dukuh Plaosan Lor, Desa Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasi candi ini masih berada di Kecamatan Prambanan yang artinya masih dekat dekat komplek Candi Prambanan dan candi-candi di sekitarnya. Untuk menuju ke Candi Plaosan tidak lebih dari 2 KM dari komplek Candi Prambanan. Tiket masuk untuk di Candi Plaosan sekitar Rp 5.000,- (harga mungkin bisa berubah). Harga yang cukup terjangkau untuk dapat menikmati keindahan Candi Plaosan. Namun, untuk parkir kendaraan tentunya ada biaya tersendiri ya. Wisata Candi Plaosan ini buka setiap hari dari sekitar pukul 07.00-17.30 WIB (jam buka bisa berubah).
masterpiece dedepurnomo393.blogspot.com
My Own Property/Candi Plaosan Klaten
Komplek Candi Plaosan ini ada dua lokasi, yaitu Candi Plaosan Lord an Candi Plaosan Kidul (Lor: Utara, Kidul: Selatan). Sesuai namanya, Candi Plaosan Lor berada di sebelah utara Candi Plaosan Kidul yang hanya terpisahkan oleh jalan dan rumah warga. Komplek Candi Plaosan Lor lebih luas dibandingkan komplek Candi Plaosan Kidul. Memang, karena di komplek Candi Plaosan Lor lebih banyak terdapat candi dan juga terdapat candi induk. Sedangkan komplek Candi Plaosan Kidul tidak ada candi induknya. Itulah mengapa Candi Plaosan Lor lebih popular dan lebih banyak dikunjungi daripada Candi Plaosan Kidul.

Candi plaosan Klaten
My Own Property/Candi Plaosan Klaten
Komplek Candi Plaosan Lor memiliki dua candi induk atau candi utama, yang terletak di sebelah utara dan sebelah selatan. Kedua candi ini memiliki relief yang berbeda yang tentunya banyak mengandung nilai-nilai sejarah. Untuk relief candi sebelah utara menggambarkan tokoh-tokoh wanita, sedangkan relief candi sebelah selatan menggambarkan tokoh-tokoh laki-laki. Untuk bentuk bangunannya sendiri menggambarkan ciri khas agama Budha, namun dengan sedikit sentuhan arsitektur Hindu. Itulah mengapa Candi Plaosan ini digambarkan sebagai simbol toleransi beragama sejak zaman dahulu. Hal ini berdasarkan kisah sejarah yang menceritakan satu pasangan sejoli yang saling jatuh cinta dan menikah yang saling berbeda agama, yaitu Budha dan Hindu. Namun, pernikahan mereka tidak direstui oleh orang tuannya. Sehingga dibangunlah Candi Plaosan dengan bentuk dan arsitektur yang memadukan gaya agama Hindu dan Budha sebagai bukti cinta mereka. Oleh karena itu, selain sebagai simbol toleransi beragama, Candi Plaosan juga dianggap sebagai monument cinta yang merekatkan cinta mereka. Ada juga mitos yang berkembang yaitu ketika kita membawa pasangan kita ke candi tersebut maka hubungannya akan langgeng. Tapi itu hanya sekadar mitos ya.

Baca Juga:
dedepurnomo393.blogspot.com
My Own Property/Candi Plaosan Klaten
Di sekitar candi utama terdapat beberapa bangunan candi-candi kecil, stupa, dan patung. Walaupun juga banyak candi kecil dan stupa yang sudah tidak berbentuk dan tidak dilakukakan pemugaran. Ada juga beberapa patung yang masih utuh, dan juga beberapa yang sudah rusak. Banyak puing-puing bebatuan yang memang hanya ditumpuk saja, mungkin sisa-sisa pemugaran yang tidak dilanjutkan lagi. Untuk area komplek candi ini cukup luas, banyak tanah lapangnya dengan rumput hijau yang rapi dan bersih. Kemudian untuk area di sekitar komplek candi adalah hamparan sawah dan rumah warga.

dedepurnomo393.blospot.com
My Own Property/Candi Plaosan Klaten
Untuk fasilitas di Candi Plaosan ini cukup lengkap, seperti tempat parkir yang cukup, beberapa warung makanan, toilet, denah lokasi, tempat sampah, dan spot indah untuk berswafoto pastinya. Banyak spot foto yang bisa kita abadikan baik di Candi Plaosan Lor maupun Kidul. Selain itu, kita juga bisa berburu foto sunset ataupun sunrise dengan suasana yang lebih indah tentunya.

1 comment:

  1. Thanks for sharing,.
    Kunjungi juga http://bit.ly/2XqmLmr

    ReplyDelete

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts