Monday 1 April 2019

[Tips dan Trik UN 2] Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA dan Pembahasannya, Bagian 2.

[Tips dan Trik UN 2] Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA dan Pembahasannya, 
Bagian 2.

Masterpiece Dede
My Own Property 
      Setelah sebelumnya saya membahas tips dan trik mengerjakan soal UN Bahasa Inggris bagian pertama yang disertai contoh soal dan pembahasannya, kali ini saya ingin melanjutkan ke bagian kedua. Di bagian kedua ini sudah masuk ke jenis soal Functional Text di mana teksnya lebih panjang dan lebih banyak menguras waktu dan pikiran. Tapi tenang saja, di sini saya mencoba untuk menjelaskan cara mengerjakan soal-soal tersebut dengan lebih mudah dan sederhana yang disertai dengan contoh soal, penjelasan singkat, dan pembahasannya. Mari kita simak yang berikut ini:

1. Descriptive Text (Teks Deskripsi)
  Jenis teks soal ini menggambarkan atau memberikan penjelasan (mendeskripsikan) suatu benda, hewan, orang, tempat, dll secara spesifik. Biasanya terdiri dari beberapa paragraf dan tiap-tiap paragraf memiliki ide pokoknya masing-masing (Main idea). Masing-masing paragraf biasanya memberikan penjelasan secara spesifik tentang objek yang dideskripsikan. Tenses yang digunakan adalah Simple Present Tense sebagai ciri khusus teks deskripsi. Dan tujuannya adalah “To describe…(something/someone)”

Pertanyaan yang sering muncul adalah:
Ide pokok teks tersebut secara keseluruhan
Ide pokok masing-masing paragraph
Apa yang mungkin dilakukan pembaca setelah membaca teks tersebut
Kata ganti rujukan (Kata ini merujuk kepada…)
Sinonim/antonym
Tujuan teks tersebut, dll.

  Untuk menjawabnya, akan lebih baik jika kita membaca soalnya terlebih dahulu. Bacalah semua pertanyaan, lalu tentukan poin apa yang ditanyakan, barulah kita mencari jawabannya di teks tersebut. Carilah kata kunci yang terdapat di pertanyaannya. Setelah menemukan kata kunci di soal, baru temukan kata kunci itu di teks nya. Sehingga akan efisien waktu. Namun sedikit berbeda ketika yang ditanyakan adalah ide pokoknya. Kalau ide pokok secara keseluruhan, minimal kita memahami isinya dengan cara membaca skimming (mengetahui poin-poin pentingnya), dan jika ide pokok paragraf, maka kita hanya perlu membaca paragraf yang ditanyakan saja. Pertanyaan selebihnya bergantung dari teksnya, poin apa yang ditanyakan.

Contoh:
Monas National Monument
     Monas National Monument is a 132-meter tower in the center of Merdeka Square, Central Jakarta, Indonesia Jakarta, is the capital of the state. It symbolizes the struggle for Indonesian independence of our country.
     The monument consists of a 117.7 m obelisk on a 45m square platform at a height of 17 m. Towering monument symbolizes the philosophy of Lingga and Yoni. Resembles a phallus, or pestle mortar pestle and Yoni resembles rice or mortar, two important things in the tradition of Indonesian agriculture.
     Construction began in 1961 under the direction of President Sukarno, the first president of the us and the monument was opened to the public in 1975. It is topped by a flame covered with gold foil, and now the monument calls.
Source: https://brechonana.blogspot.com


What does the text mostly tell us about?
A. Monas National Monument
B. The location of Monas National Monument
C. The construction of Monas National Monument
D. Presiden Soekarno

Jawaban dan pembahasan:
Secara keseluruhan, teks tersebut menceritakan tentang Monas Nasional Monument, yaitu lokasinya, konstruksinya, dan kapan dibuatnya. Pertanyaannya menanyakan tentang isi teks tersebut (secara keseluruhan). Maka jawaban yang paling tepat adalah A (Monas National Monument).

2. Recount Text (Menceritakan Kembali)
  Jenis teks ini berisi cerita pengalaman di masa lampau tentang suatu kegiatan atau peristiwa. Biasanya menceritakan pengalaman pribadi penulis atau menceritakan orang lain. Ada juga yang berupa biografi/riwayat hidup seseorang. Tenses yang digunakan adalah Simple Past Tense. Teks ini juga lumayan panjang dan terdiri dari beberapa paragraf dengan masing-masing paragraf memiliki ide pokok secara spesifik. Dan tujuannya adalah “To tell about…”

Pertanyaan yang sering muncul adalah:
Isi dari teks tersebut secara keseluruhan (ide pokok keseluruhan)
Ide pokok masing-masing paragraf
Menyimpulkan atau menemukan pernyataan yang salah/benar berdasarkan teks
Sinonim/antonim
Kata ganti rujukan (kata ini merujuk kepada…), dll.

  Untuk menjawabnya, hampir sama seperti descriptive text. Bacalah semua soalnya terlebih dahulu. Lalu tentukan poin apa yang ditanyakan, barulah kita mencari jawabannya di teks tersebut. Carilah kata kunci yang terdapat di pertanyaannya. Setelah menemukan kata kunci di soal, baru temukan kata kunci itu di teks nya. Sehingga akan efisien waktu. Namun sedikit berbeda ketika yang ditanyakan adalah ide pokoknya. Kalau ide pokok secara keseluruhan, minimal kita memahami isinya dengan cara membaca skimming (mengetahui poin-poin pentingnya), dan jika ide pokok paragraf, maka kita hanya perlu membaca paragraf yang ditanyakan saja. Pertanyaan selebihnya bergantung dari teksnya, poin apa yang ditanyakan. Ide pokok biasanya berada di awal paragraf.

Contoh:
A Trip to the Zoo
     Yesterday my family went to the zoo to see the elephant and other animal. When we got to the zoo, we went to the shop to buy some food to give to the animals. After getting the food we went to the nocturnal house where we saw birds and reptiles which only come out at night.
     Before lunch we went for a ride on the elephant. It was a thrill to ride it. Dad nearly fell off when he let go of the rope. During lunch we fed some birds in the park. In the afternoon we saw the animals being fed.
    When we returned home we were tired but happy because we had so much fun.
Source: https://luthfan.com

“It was a thrill to ride it.” (Paragraph 2)
The underline word refers to…
A. Lunch
B. Elephant
C. Zoo
D. Birds

Jawaban dan pembahasan:
Pertanyaan tersebut mengacu pada paragraf 2. Jadi kita hanya perlu baca paragraf 2 saja. Kata kuncinya adalah “it”. Maka cari kata “it” di paragraf 2 sesuai kalimat diatas. Jawaban untuk pertanyaan jenis ini biasanya di kalimat itu sendiri atau kalimat sebelumnya. Di situ dia bercerita naik gajah, berarti jawaban yang paling tepat untuk kata ganti rujukan “it” adalah gajah. Maka jawabannya B (elephant).

3. Procedure Text (Teks Prosedur)
  Teks soal jenis ini berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu atau membuat sesuatu dengan rincian penjelasannya. Tenses yang digunakan biasanya Simple Present Tense. Biasanya terdapat judul/tujuan teks (How to make/do domething…), bahan/alat, dan urutan cara/langkah-langkahnya.

Pertanyaan yang sering muncul adalah:
Tujuan teks tersebut (How to make/how to do)
Apa langkah/urutan/yang harus dilakukan selanjutnya setelah langkah ini
Sinonim/antonim
Kata ganti rujukan (kata ini merujuk kepada…), dll.

  Untuk menjawabnya, kita sebaiknya membaca dulu semua soalnya dan menentukan kata kunci/poin penting dari masing-masing soal. Setelah itu, barulah mencari jawabannya di teks tersebut dengan menemukan kata kunci/poin yang terdapat di pertanyaan. Perhatikan juga pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan isi teks tersebut.

Contoh:
How to make a cup of coffee
Materials and Ingredients:
1. one spoon of coffee powder
2. 2 spoons of sugar
3. hot water
4. a cup
5. a spoon

Procedure:
1. Prepare two spoons of sugar, a cup, hot water, a spoon of coffee powder, a spoon.
2. Put 2 spoons of sugar and a spoon of coffee powder into the cup.
3. Pour some hot water into the cup.
4. Stir it gradually and the hot coffee is ready to drink
Source: https://www.englishiana.com

What should we do after putting sugar and coffee into the cup?
A. Pour hot water
B. Stir the coffee
C. Prepare the spoon
D. Drink

Jawaban dan pembahasan:
Teks tersebut berisi tujuan, bahan, alat dan langkah-langkah membuat kopi. Pertanyaan menanyakan tentang apa yang seharusnya dilakukan setelah memasukan gula dan kopi ke dalam cangkir. Jawabannya adalah yang A (Pour hot water) karena memasukan gula dan kopi adalah langkah kedua, maka langkah ketiganya adalah menuangkan air panas ke dalam cangkir.

4. Narrative Text (Cerita)
  Teks ini berisi tentang cerita masa lampau yang berupa khayalan/fiksi, dongeng, dan cerita-cerita rakyat. Teks nya panjang dan terdiri dari beberapa paragraf dengan ide pokok di masing-masing paragrafnya. Biasanya menceritakan satu cerita penuh tentang cerita-cerita lokal Indonesia. Tenses yang digunakan adalah Simple Past Tense.

Pertanyaan yang sering mucul adalah:
Isi dari teks tersebut secara keseluruhan (ide pokok keseluruhan)
Ide pokok masing-masing paragraf
Menyimpulkan atau menemukan pernyataan yang salah/benar berdasarkan teks
Sinonim/antonim
Kata ganti rujukan (kata ini merujuk kepada…)
Nilai moral dari yang bisa dipetik
Bagaimana karakter tokoh, dll.

  Untuk menjawabnya, hampir sama seperti penjelasan sebelumnya. Bacalah semua soalnya terlebih dahulu. Lalu tentukan poin apa yang ditanyakan, barulah kita mencari jawabannya di teks tersebut. Carilah kata kunci yang terdapat di pertanyaannya. Setelah menemukan kata kunci di soal, baru temukan kata kunci itu di teks nya. Sehingga akan efisien waktu. Namun sedikit berbeda ketika yang ditanyakan adalah ide pokoknya. Kalau ide pokok secara keseluruhan, minimal kita memahami isinya dengan cara membaca skimming (mengetahui poin-poin pentingnya), dan jika ide pokok paragraf, maka kita hanya perlu membaca paragraf yang ditanyakan saja. Ide pokok biasanya berada di awal paragraf. Pertanyaan selebihnya bergantung dari teksnya, poin apa yang ditanyakan.

Contoh:
The Lion and The Mouse
  When he was awakened by a tiny Mouse running across his body, a mighty Lion was sleeping in his lair. The lion then grabbed the frightened mouse with his huge paws and opened his mouth to swallow him directly. "Please, King," begged the Mouse, "Spare me this time and of course I will never forget your kindness. Someday I may be able to repay you. "The Lion thought that it was such an amusing idea that he let the poor creature go.
     Sometimes later the Lion was caught in a net laid by some hunters. Despite his great strength, the Lion could not break free. Soon the forest echoed with angry load roars.
     The Little Mouse heard the Lion and ran to see what was wrong. As soon as he succeeded to make the Lion free "There!" said the Mouse proudly, " You laughed at me when I promised to repay your kindness, but now you know that even a tiny Mouse can help a mighty Lion."
Source: https://www.englishiana.com

What can we learn from the text above?
A. Never believe anyone
B. Little friends may prove to be great friends.
C. Do not underestimate others
D. Be honest and patient

Jawaban dan pembahasan:
Teks tersebut menceritakan kebaikan karena membantu satu sama lain. Dan kebaikan dibalas kebaikan. Walaupun terlihat kecil karena seekor tikus, namun dia bisa menjadi teman yang baik. Pertanyaannya menanyakan pesan moral yang terkandung, yaitu B (Little friend may prove to be great friend).

5. Report Text (Teks Laporan)
  Teks ini berisi laporan sebuah liputan, pengamatan, atau analisis tentang objek tertentu. Biasanya berisi laporan tentang tumbuh-tumbuhan, hewan, kondisi sosial, ekonomi, dll. Biasanya berisi data-data dan penjelasan secara rinci. Mungkin hampir sama seperti teks deskripsi, namun ini lebih disertai dengan data. Tenses yang digunakan biasanya Simple Present Tense dan Past Tense.

Pertanyaan yang sering muncul adalah:
Isi dari teks tersebut secara keseluruhan (ide pokok keseluruhan)
Ide pokok masing-masing paragraf
Menyimpulkan atau menemukan pernyataan yang salah/benar berdasarkan teks
Sinonim/antonim
Kata ganti rujukan (kata ini merujuk kepada…)
Tujuan penulisan teks tersebut
Siapa yang mungkin menulis dan untuk siapa teks tersebut ditulis

  Untuk menjawabnya, Bacalah semua soalnya terlebih dahulu untuk menentukan poin  dan kata kunci yang terdapat di pertanyaannya. Setelah itu barulah temukan kata kunci itu di teks nya agar efisien waktu. Untuk menemukan ide pokok secara keseluruhan, bacalah teks dengan cara skimming (membaca cepat untuk mengetahui poin-poin pentingnya saja), dan jika ide pokok paragraf yang ditanyakan, maka kita hanya perlu membaca paragraf yang ditanyakan saja. Ide pokok biasanya berada di awal paragraf. Pertanyaan selebihnya bergantung dari teksnya, poin apa yang ditanyakan.

Contoh:
Raflesia Arnoldi Flower
  Rafflesia Arnoldi is known as the biggest flower in the world. The name is derived from the British governor General, Sir Thomas Stamford Rafflesia , who gave attention to the botanical garden in Bogor.
  The Rafflesia Arnoldi consists of two parts: the stick-like part which grows in the middle and the petals around and below it. It is unusual flower because of its large size. The flower can be 1 meter in diameter and 1.40 meters in height.
     The Rafflesia plant begins to flower in its tenth year. It blooms three or four times a year. Before it begins to flower, the leaves and the stem become dry and look dead, but the main root in the ground is still alive. When it blooms, it has an unpleasant smell which attract insect. But when they touch the bottom part, they die.
Source: https://freeenglishcourse.info

From the text we know that…
A. Rafflesia Arnoldi consist of three parts
B. Rafflesia Arnoldi begins to flower in its twelve year.\
C. When it blooms, it has good smell.
D. It has unpleasant smell to attract the insect

Jawaban dan pembahasan:
Teks tersebut memberikan informasi terkait Rafflesia Arnoldi Flower, mulai dari penemunya, karakteristinya, dan hidupnya. Pertanyaannya menanyakan tentang pernyataan yang benar dan sesuai dengan teks laporan tersebut. Jawabannya adalah D (It has unpleasant smell to attract the insect).

6. Label (Label Kemasan/Produk)
     Teks soal jenis ini berisi informasi mengenai produk secara rinci, baik komposisi, keunggulan, kandungan di dalamnya, maupun petunjuk penggunaannya. Biasanya berupa obat dan makanan. Bentuknya bisa berupa tulisan ataupun gambar dengan rincian.

Pertanyaan yang sering muncul adalah:
Isi dari teks tersebut
Menyimpulkan atau menemukan pernyataan yang salah/benar berdasarkan teks
Sinonim/antonim
Kata ganti rujukan (kata ini merujuk kepada…)
Tujuan penulisan teks tersebut
Siapa yang mungkin menulis dan untuk siapa teks tersebut ditulis
Apa yang harus dilakukan terkait produk, dll.

  Untuk menjawabnya, seperti biasa kita baca dulu semua soalnya dan temukan poin penting/kata kunci dari pertanyaannya. Setelah itu carilah kata kunci/poin tersebut di teksnya. Jika memungkinkan, pahami dan teliti betul-betul isi label tersebut karena biasanya jawabnnya tersirat (tidak tertulis di teks, namun maknanya sama).

Contoh:
Masterpiece Indonesia
https://www.ilmubahasainggris.com

What is the purpose of writing the text?
A. To promote the product
B. To tell how to make food
C. To give detail information about the product
D. To describe the function of product

Jawaban dan pembahasan:
Teks tersebut merupakan yang berisi tentang informasi lengkap tentang kandungan dalam product tersebut. Pertanyaannya menanyakan tentang tujuan teks tersebut. Jawaban yang paling tepat adalah C (To give detail information about the product) karena sudah jelas yaitu memberikan informasi rinci terkait produknya.

     Itulah beberapa contoh soal, penjelasan, dan pembahasan singkatnya terkait soal UN Bahasa Inggris. Dari penjelasan tersebut, ada beberapa poin-poin penting:
1. Baca semua soalnya dahulu, baru mencari jawabannya di teksnya.
2. Temukan kata kunci/poin penting di pertanyaannya, baru temukan di teksnya.
3. Tidak harus membaca semua teksnya secara keseluruhan.
4. Baca teks dengan cara skimming (membaca cepat untuk memahami isinya).
5. Jawablah pertanyaan yang dirasa lebih mudah terlabih dahulu.
6. Teliti dan jangan terburu-buru.

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts