Sunday 7 April 2019

10 Program Kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata) Unggulan

10 Program Kerja KKN (Kuliah Kerja Nyata) Unggulan

dedepurnomo393.blogspot.com
My Own Property
     Setelah sebelumnya saya mengulas tentang 17 Tips Sukses KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan 10 Masalah Saat KKN (Kuliah Kerja Nyata) Yang Sering Terjadi, kali ini saya akan mengulas tentang program kerja KKN yang biasanya menjadi unggulan. Penentuan program kerja dalam KKN biasanya didasarkan pada hasil observasi yang dilakukan pada awal KKN. Setelah mengetahui masalah-masalah, ketersedian sumber daya (alam maupun manusia), kondisi alam dan lingkungan, kebutuhan, dll, maka program kerja baru bisa ditentukan. Atau untuk menentukan program kerja juga bisa merujuk pada program kerja KKN sebelumnya. Namun bukan sebagai patokan utama, hanya sebagai referensi dan pertimbangan saja. Yang sekiranya masih perlu untuk dilanjutkan maka dilanjutkan, yang tidak maka tidak perlu untuk dilanjutkan.

     Penentuan program kerja juga harus sebaiknya disesuaikan dengan kesanggupan budget masing-masing anggota tim KKN. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat “wah” maka program kerja dibuat sedemikian rupa sehingga memaksakan budget anggota tim KKN dan akhirnya menyusahkan tim KKN. Buatlah program kerja yang sederhana namun kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, baik orang tua, pemuda, maupun anak-anak.
      
     Dalam penyusunan program kerja juga sebaiknya mencakup seluruh aspek, seperti ekonomi, keagamaan, pendidikan, kesehatan, kepemudaan, sosial, budaya, dan lingkungan. Namun juga harus disesuaikan dengan kemampuan anggota tim KKN. Apa saja bidang ahli masing-masing anggota KKN, maka aplikasikanlah. Jika tidak mampu memenuhi semua aspek tersebut, maka lebih baik ada satu atau dua program yang diunggulkan dan benar-benar dapat dirasakan kebermanfaatannya.
            
     Di sini saya akan memberikan sedikit gambaran terkait program kerja yang sederhana namun kebermanfaatannya dapat dirasakan langsung dan tentunya dengan biaya operasional yang sedikit. Apa saja? Mari kita simak ulasan berikut ini:
1. Bimbel
      Bimbel atau bimbingan belajar masih menjadi proker (program kerja) yang ampuh dalam bidang pendidikan. Target dari proker ini adalah anak-anak yang masih sekolah mulai dari TK, SD, ataupun SMP. Biaya untuk operasionalmya pun sedikit, hanya siapkan tempat (bisa di posko), spidol, penghapus, dan papan saja. Itupun masih bisa disiasati dengan perlengkapan alternatif lainnya. Waktunya lebih fleksibel, misalkan sore hari setelah asar atau malam hari setelah maghrib. Anak-anak biasanya sangat antusias untuk belajar dengan mahasiswa KKN di posko. Pengajarnya pun bisa bergantian atau terjadwal dari masing-masing anggota, atau bisa bersama-sama.

2. Olahraga
     Proker yang satu ini lebih ditargetkan kepada remaja atau dewasa yang hobi olahraga. Untuk menjalankannya bisa bekerja sama dengan karang taruna atau kepemudaan lainnya di desa tersebut. Olahraga favorit para remaja biasanya bola voli, bulu tangkis, dan sepak bola. Oleh karena itu fasilitasilah mereka dengan mengadakan lomba olahraga antar dusun, RW atau RT. Atau juga mengadakan pelatihan olahraga lainnya jika memang dari tim KKN ada yang dari bidang olahraga. Ini sangat efektif untuk menjalin hubungan baik dengan para pemuda di desa tersebut. Mungkin proker ini akan sedikit menguras kas KKK karena harus menyediakan konsumsi, hadiah, sewa ini itu, dan sebagainya.

3. TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur'an)
     Proker ini juga biasanya masih tertuju pada anak-anak yang sedang belajar mengaji. Di desa biasanya hanya ada satu atau dua guru ngaji. Maka, akan lebih baik jika dari tim KKN ada yang membantu TPQ. Namun sebisa mungkin dari anggota yang paham tentang TPQ. Proker inipun tidak menguras biaya karena tim KKN tinggal datang saja ke masjid atau mushola tempat anak-anak mengaji.

4. Penyuluhan kesehatan
     Penyuluhan kesehatan ini bisa ditargetkan untuk anak muda maupun orang tua. Jika ada anggota KKN yang dari bidang kesehatan, tentu ini akan lebih mudah tanpa mendatangkan orang dari luar. Namun jika tidak ada, kita bisa meminta bantuan kepada teman kuliah dari bidang kesehatan dengan memberikan sedikit uang transport saja. Jika tidak, KKN juga bisa bekerja sama dengan puskesmas terdekat untuk melakukan penyuluhan. Penyuluhan bidang ini bisa berupa penyuluhan cara hidup sehat, penyuluhan rumah sehat, penyuluhan tentang jenis-jenis penyakit (gejala, pencegahan, dan pengobatannya), dll. Proker ini juga lumayan mengeluarkan sedikit biaya untuk konsumsi, akomodasi pengisi kegiatan, dll.

5. Branding produk dan digital marketing
     Dalam suatu daerah biasanya ada hasil panen alam yang menjadi unggulan, misalnya ubi, durian, nanas, kelapa, dll. Ada yang sudah diolah menjadi olahan yang bernilai ekonimis ada yang masih dijual secara mentah. Nah, di sini peran KKN untuk membuat produk yang lebih inovatif dan melakukan branding produk agar lebih menarik dan dapat bersaing di pasaran. Buatlah nama produk yang menarik dan juga kemasan yang menarik. Selain itu, karena biasanya hanya dijual secara offline, cobalah untuk melakukan promosi produk secara online. Bisa dibuatkan websitenya ataupun dipasang di media sosial dan marketplace. Ini juga membutuhkan orang yang ahli dalam bidang ini. Untuk biaya operasinalnya juga sepertinya tidak banyak.

6. Tari dan kesenian anak
     Salah satu kesenian yang satu ini mungkin banyak diminati oleh anak-anak terutama perempuan, yaitu tari. Maka jika ada anggota tim yang bisa tari, khususnya tradisional, maka proker ini bisa menjadi andalan untuk menarik minat anak-anak belajar menari. Proker inipun bagus untuk ditampilkan saat perpisahan KKN. Selain tari, KKN juga bisa mengajarkan kesenian lainnya yang menarik dan dikuasi anggota tim KKN. Untuk biaya operasionalnya juga tidak terlalu banyak dan persiapannya pun tidak terlalu rumit.

7. Penyuluhan kepemudaan
     Dengan banyaknya kasus-kasus kenakalan remaja yang terjadi, maka dengan penyuluhan kepemudaan ini akan sangat bermanfaat. Penyuluhan ini bisa berupa penyuluhan bahaya sex bebas, bahaya narkoba, HIV/AIDS, dll. Targetnya tentu adalah remaja dan dewasa. Untuk pengisi acara bisa kerja sama dengan puskesmas, BNN, atau dengan pihak terkait. Untuk biaya operasional mungkin tidak terlalu besar, hanya konsumsi, pembicara, dll.

8. Pelatihan TIK
     Dengan semakin berkembangnya dunia teknologi terutama bidang informasi dan komunikasi, maka pelatihan TIK ini juga bisa sangat bermanfaat. Pelatihan ini bisa berupa bagaimana menggunakan komputer, internet, membuat website, transaksi online, pemasaran online, desain, dll. Mulailah dengan hal-hal yang mendasar terlebih dahulu dan mudah diaplikasikan. Proker ini mungkin  juga akan menarik bagi para remaja dan dewasa yang memang hampir setiap hari bersentuhan dengan dunia digital.

9. Posyandu dan lansia
     Proker ini mungkin sudah ada di setiap desa, yaitu posyandu dan lansia. Namun, alangkah baiknya jika KKN juga terlibat di dalamnya. Entah itu membantu bidan yang bertugas, mengisi pelatihan dan penyuluhan, membawakan konsumsi yang sehat seperti bubur, dsb. Targetnya tentu orang tua dan anak-anak kecil. Dengan proker ini maka KKN akan lebih bisa mengatur kasnya karena hanya ikut di kegiatan rutin desa.

10. Bakti sosial
     Yang terakhir adalah bakti sosial. Bakti sosial ini bisa berupa memberikan sembako kepada warga yang kurang mampu, janda, orang tua, anak yatim dan sebagainya. Atau bazar sembako dengan harga yang murah. Ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dengan  lembaga terkait sehingga akan lebih hemat dan efisien.
     
     Itulah 10 program kerja yang bisa menjadi unggulan dan tentunya tidak mengeluarkan biaya yang terlalu besar. Pastikan bahwa setiap proker sudah disesuaikan dengan kebutuhan desa tersebut. Dengan begitu, masyarakat akan merasa bahwa proker itu berguna dan mereka akan lebih antusias untuk berpartisipasi. Semoga bermanfaat…semoga sukses! 


Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts