Saturday 6 April 2019

10 Tips Sukses PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)

10 Tips Sukses PPL (Praktik Pengalaman Lapangan)

PPL
My Own Property
     Bagi kalian yang mengambil jurusan keguruan pastinya akan mengalami yang namanya PPL (Praktik Pengalaman Lapangan). Program kampus yang satu ini bekerja sama antara kampus dan sekolah-sekolah yang sudah menjadi mitra untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswa calon guru mencicipi dunia pendidikan secara langsung. Karena calon guru, jadi PPL nya pastinya di sekolah, yaitu praktik mengajar. Kegiatan PPL ini biasanya dilaksanakan selama hampir tiga bulan penuh sesuai kebijakan masing-masing.

     Bukanlah sesuatu yang mudah untuk melakukan praktik mengajar ini karena beberapa faktor, baik internal maupun eksternal. Namun secara umum, kegiatan PPL ini menyenangkan dan sangat bermanfaat. Terjun langsung menjadi seorang guru yang harus menghadapi puluhan bahkan ratusan siswa dengan karakter yang tentunya berbeda satu dengan yang lainnya. Menjadi seorang guru yang harus beradaptasi dengan lingkugan sekolah dan guru yang ada di sekolah tersebut. Sungguh hal yang mendebarkan kalau dibayangkan. Namun tidak usah khawatir karena kalau sudah dijalani kalian akan merasa betah dan nyaman. Lalu bagaimana sih biar kegiatan PPL ini sesuai dengan apa yang diharapkan? Mari kita simak ulasan terkait tips sukses PPL berikut ini:
1. Pahami kultur sekolah, guru, dan siswanya
     Hal yang pertama tentuya adalah memahami kultur sekolahnya, guru, dan siswanya. Bagaimana atmosfirnya, kebiasaan-kebiasaannya, dan sebagainya karena terkadang kita melakukan kegiatan PPL di luar kota yang tentu kulturnya akan berbeda. Cobalah untuk cepat beradaptasi dan menjadi bagian dari sekolah tersebut.

2. Dekat dengan warga sekolah
     Warga sekolah di sini adalah para guru, siswa, staff akademik, tata usaha, kantin, petugas kebersihan, dll. Kenapa ini perlu? Karena kita di sekolah tersebut adalah belajar. Belajar untuk bersosialisasi, mengajar, membuat laporan-laporan, dll yang pasti banyak membutuhkan bantuan warga sekolah. Walapun tidak semudah yang kita bayangkan karena karakter masing-masing warga sekolah itu berbeda-beda, namun cobalah untuk untuk membaur dan saling berinteraksi.

3. Menjadi kakak bagi para siswa
     Sebagai guru PPL biasanya memiliki tempat tersendiri di mata para siswa. Guru PPL dianggap lebih menjadi seorang kakak ketimbang sebagai seorang guru. Oleh karena itu mereka akan sering beinteraksi dengan guru PPL baik untuk curhat, tugas, maupun meminta bantuan lainnya. Cobalah dekat dengan para siswa dan menjadi teladan bagi mereka.

4. Jadilah guru PPL yang serba bisa
     Sebagai guru PPL biasanya akan diberi tanggung jawab untuk menjadi wali kelas bayangan, mengampu ekstrakurikuler, dan sebagainya. Biasanya siswa akan lebih menyukai dan dekat dengan guru PPL yang serba bisa, baik secara hardskill ataupun softskillnya. Maka, siapkan dari sekarang bekal untuk menjadi guru PPL yang disukai oleh siswanya, yaitu menjadi guru PPL yang serba bisa. Kalian bisa menyiapkannya dengan mengikuti berbagai kegiatan ektrakurikuler di kampus seperti musik, silat, pramuka, marching band, dan sebagainya.

5. Dekat dengan guru
     Biasanya para guru akan membanding-bandingkan antara guru PPL sekarang dan guru PPL yang sebelum-sebelumnya. Entah itu dari sikapnya, kemampuannya, dan sebagainya. Sebisa mungkin cobalah untuk dekat dengan para guru karena para guru pun akan lebih senang jika para guru PPL dekat dengan mereka. Cobalah untuk berbaur dan saling bertukar pikiran. Dengan begitu, kita tidak hanya akan dekat dengan mereka, tapi juga mendapatkan pelajaran-pelajaran melalui pengalaman yang mereka miliki.

6. Ramah, bertanggung jawab, dan cekatan
     Sebagai guru PPL tentulah harus ramah kepada semua warga sekolah. Selale menjaga sopan santun dan tingkah lakunya. Selain itu, guru PPL juga harus bertangung jawab terhadap apa yang sudah menjadi tugasnya, baik tugas pribadi maupun yang diberikan oleh pihak sekolah. Kemudian jadilah guru PPL yang cekatan, yaitu jangan menunda-nunda, suka menolong jika ada yang pelu bantuan, dan suka menawarkan bantuan.

7. Menjadi teladan bagi siswa
     Guru sejatinya adalah orang yang menjadi panutan bagi siswanya. Oleh karenanya, sebagai guru PPL haruslah memiliki pribadi yang baik sehingga pantas untuk ditiru. Misalnya jangan terlambat berangkat ke sekolah, disiplin waktu dan ilmu, menjaga tutur kata, tingkah laku, dan semua hal yang mencerminkan kerpribadian yang baik.

8. Menjadi tim PPL yang solid
     PPL biasanya terdiri dari banyak mahasiswa. Biasanya lebih dari 10 guru PPL. Di sini bagaimana agar guru PPL ini menjadi tim yang solid adalah sebuah keharusan. Oleh karena itu, masing-masing guru PPL harus bisa saling pengertian dan saling menghargai satu sama lain, menyatukan visi dan misi, dan tentunya harus bisa saling membantu.

9. Hindari berbagai hal yang dapat menimbulkan masalah
     Sebisa mungkin, jauhilah hal-hal yang bisa menimbulkan masalah, baik dengan sesama guru PPL, dengan siswa, dengan guru, ataupun dengan semua warga sekolah lainnya. Jika terjadi banyak masalah, maka itu akan mencoreng almamater guru PPL dan guru PPL itu sendiri.

10. Berikan kesan terbaik
     Kesan pertama dan terakhir lah yang biasanya menjadi hal penentu baik buruknya suatu hal, khususnya sebagai guru PPL. Oleh karenya berusaha lah sebaik mungkin sejak pertama masuk menjadi guru PPL hingga akhir yaitu penarikan guru PPL. Kesan terbaik ini tidak harus dengan sesuatu yang “wah”, namun dengan seuatu yang sederhana namun membekas di warga sekolah.


     Itulah beberapa tips untuk dapat menjadi guru PPL yang baik. Tentunya masih banyak hal lain yang bisa menjadi referensi untuk dapat dilakukan sehingga kegiatan PPL akan menjadi hal yang menyenangkan dan meningggalkan kesan yang terbaik bagi sekolah. Semoga bermanfaat…semoga sukses!

Baca juga:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts