Monday 1 April 2019

[Tips dan Trik UN 1] Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA dan Pembahasannya, Bagian 1.

[Tips dan Trik UN 1] Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA dan Pembahasannya, 
Bagian 1.

Masterpiece Indonesia
My own Property
     Meneruskan ulasan-ulasan saya selanjutnya terkait tips dan trik mengerjakan soal UN Bahasa Inggris, kali ini saya akan memberikan contoh soal UN Bahasa Inggris untuk SMP/SMA. Namun, saya akan fokus ke soal UN SMP sekaligus pembahasannya. Di sini saya juga akan memberikan cara yang mudah untuk mengerjakan soal dan kunci-kunci untuk menemukan jawabannya dengan cepat dari tiap-tiap jenis soal. Berikut adalah penjelasan singkat, contoh soal, dan pembahasannya sesuai dengan jenis teks dan soalnya:

1. Greeting Card (Ucapan Selamat)
     Jenis teks ini berisi ucapan selamat atas kesuksesan seseorang, pencapaian, kemenangan, kelulusan, dll baik dalam percakapan singkat atau kartu ucapan. Biasanya berupa congratulation card. Kuncinya adalah biasanya teks/kartu ucapan tersebut terdapat kata “Congratulation”. 
Hal yang sering ditanyakan adalah: 
Apa tujuan teks/kartu ucapan tersebut
Siapa yang mengirim kartu ucapan tersebut
Mengapa kartu ucapan tersebut dikirim ke…(seseorang)

     Untuk menentukan jawabannya, biasanya teks ini bertujuan untuk “To congratulate….”. Kuncinya adalah ada kata “congratulate, congratulation, congratulating”.  Namun juga harus disesuaikan dengan konteksnya dan perlu diperhatikan apabila tidak terdapat kata kunci tersebut.

Contoh:
Congratulations Dear!
You got the best mark in English final examination in this semester. That’s a good achievement and I believe that you have studied hard for this.
Good job Reyhan!
Your Mom

Why was the card sent to Reyhan?
A. To inform his achievement
B. To make him happy
C. To congratulate him on his achievement
D. To remind him to study hard

Jawaban dan pembahasan:
     Isi teks tersebut berupa ucapan selamat dari sang ibu kepada anaknya, yaitu Reyhan atas pencapaiannya mendapat nilai terbaik di ujian akhir sementer Bahasa Inggris. Petanyaannya menanyakan mengapa kartu ucapan tersebut dikirim ke Reyhan, atau sama saja tujuan dari teks tersebut. Jawaban yang paling tepat adalah C (To congratulate him on his achievement), yaitu sebagai ucapan selamat atas pencapaian Reyhan.

2. Invitation (Undangan)
     Jenis teks ini bisa berupa percakapan singkat atau kartu undangan. Biasanya undangan ke pesta ulang tahum, pernikahan, acara keluarga, dll. Kuncinya adalah biasanya terdapat kata “invite, invitation, ask (someone) to come to..”.
Hal yang sering ditanyakan adalah:
Siapa yang mengundang
Kapan acara akan dilaksanakan
Di mana acara akan dilaksanakan
Apa yang mungkin dilakukan setelah membaca undangan tersebut

     Untuk menjawabnya, biasanya teks ini bertujuan untuk “ To invite,,,,, To ask (someone) to come to…”  yang menjadi kunci untuk menentukan jawabannya. Perhatikan ketika menanyakan tentang “kapan”, jawaban biasanya tersirat. Missalnya di teks tertulis “07.00 am”. Biasanya dijawaban ABCD tertulis “In the morning” sebagai jawabannya.

Contoh:
To: Raisa
I do hope you to come to my graduation party that will be held next week on Sunday, August 5th 2019 at 08.00 a.m. till drop in my house. Do not forget to inform this to our classmate so that we can spend our time together. I am waiting for your coming.
Thanks
Nunik

When will the party be held?
A. In the morning
B. At noon
C. In the evening
D. In the afternoon

Jawaban dan pembahasan:
     Isi teks tersebut tentang undangan pesta kelulusan yang dikirim oleh Nunik untuk Raisa. Walaupun tidak ada tulisan “invite”, namun maksud dari teks tersebut adalah untuk mengundang. Udangan tersebut berisi waktu dan tempat pelaksanaan pesta tersebut. Pertanyaannya menanyakan kapan pesta tersebut akan laksanakan. Di undangan tertulis 08.00 a.m., namun di jawaban tidak ada pilihannya. Ini adalah tersirat, yaitu 08.00 a.m. sama saja pagi hari karena ada tulisan a.m. Jadi jawaban yang paling tepat adalah A (In the morning).

3. Short Message (Pesan Singkat)
     Jenis teks ini biasanya berupa pesan singkat/SMS/Email/pesan dari seseorang. Biasanya berisi pesan pribadi tentang permintaan maaf, meminta izin, pengingat, dll. Kuncinya biasanya terdapat pengirim, isi pesan, dan untuk siapa pesan ditujukan. 
Hal yang sering ditanyakan adalah:
Siapa pengirim pesan tersebut
Apa ini pesan tersebut/tujuan mengirim pesan
Apa yang akan/harus/sebaiknya dilakukan setelah membaca pesan tersebut

     Untuk menjawabnya, bergantung pertanyaannya. Kalau menanyakan siapa pengirimnya, biasanya letak pengirim berada di bawah isi pesan, dan penerima di awa/atas pesan (Dear..To…). Perhatikan baik-baik isi pesan tersebut, apakah meminta maaf, pengingat, atau apa, kemudian baru bisa menentukan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Contoh:
To: Ratna

Hi, Ratna. I just want to remind you that tomorrow is Thursday, and we have to return the book that we borrowed last week to the library. Because the book is on you now, please bring it tomorrow. We will return it together. See you tomorrow.

Siska

What is the writer’s intention in writing the text?
A. To tell about borrowing a book
B. To ask her to come to the library
C. To buy a book in the library
D. To remind her to return the book to the library

Jawaban dan pembahasan:
     Inti dari teks tersebut adalah untuk mengingatkan Ratna untuk mengembalikan buku yang telah dipinjam ke perpustakaan. Pertanyaannya menanyakan tentang apa maksud/tujuan penulis menuliskan teks/pesan tersebut. Maka jawaban yang paling tepat adalah D (To remind her to return the book to the library).

4. Advertisement (Iklan)
     Jenis teks ini biasanya berupa poster, pamflet, banner, dll yang berisi penawaran/promo baik itu potongan harga atau produk baru. Biasanya juga terdapat gambar produknya ataupun penjelasan tentang produknya. Kuncinya adalah biasanya terdapat nama produknya, perusahaannya, diskon, harga, cara memesan, dll.
Hal yang sering ditanyakan adalah:
Apa tujuan dari teks tersebut
Apa isi teks tersebut
Bagaimana cara mendapatkan produk tersebut, dll.
Untuk siapa iklan itu ditujukan 

     Untuk menjawabnya, biasanya teks ini bertujuan untuk menawarkan produk atau mengajak pembaca untuk membeli. Kata kuncinya adalah biasanya terdapat kata, “ To persuade…, To promote...” sebagai tujuan iklan itu sendiri. Untuk pertanyaan lainnya menyesuaikan isi iklan tersebut.

Contoh:
republikelektro.blogspot.com

The purpose of writing the text is…
A. to tell the readers about the cheap mobile phone
B. to persuade the readers to buy the mobile phone
C. to warn the readers to avoid mobile phone
D. to inform the new product

Jawaban dan pembahasan:
     Teks tersebut berupa iklan produk, yaitu iklan mobile phone dengan memberikan detail dari produk tersebut dan juga ada penawaran khusus untuk harganya. Pertanyaannya menanyakan tentang tujuan dari penulisan teks iklan tersebut. Jawaban yang paling tepat adalah B (to persuade the readers to buy the mobile phone).

5. Announcement (Pengumuman)
     Jenis teks ini biasanya berupa poster atau tulisan yang berisi pemberitahuan tentang acara, kegiatan, agenda, dll. Biasanya terdapat kata “Announcement” di awal/atas isi teksnya. Isinya biasanya berupa pemberitahuan kegiatan, acara, agenda dll yang memuat tentang kapan, di mana, apa nama kegiatannya, apa yang perlu dilakukan dll. Biasanya pengumuman ini ada di sekolah, kantor, tempat pelayanan umum, dll.
Hal yang sering ditanyakan adalah:
Apa tujuan teks tersebut
Untuk siapa pengumuman tersebut ditujukan
Siapa yang membuat pengumuman tersebut
Apa yang mungkin dilakukan setelah membaca pengumuman tersebut
Apa isi pengumuman tersebut

     Untuk menjawabnya, biasanya teks ini bertujuan untuk mengumumkan dan menginformasikan sesuatu atau “To announce…., To inform…”. Untuk pertanyaan lainnya biasanya menyesuaikan isi pengumuman tersebut. perhatikan juga untuk detail isinya karena biasanya jawabannya tersirat (tidak tertulis di teks) sehingga perlu teliti, entah sinonim ataupun paraphrase (tulisannya berbeda, namun maknanya sama).

Contoh:
ANNOUNCEMENT

Dear students,
Due to the National Examination of ninth grade will be held on Monday, June 13th 2019 until Thursday, June 16th 2019, the students of seventh and eighth grade will be off. Please inform this to your friends.

Yours sincerely
Subhan, S.Pd.
Principal

From the text we know that…
A. All students will be of for four days.
B. The students of ninth students will be off for a week.
C. The students of seventh and eighth grade will be off for four days
D. All students will have a National Examination

Jawaban dan pembahasan:
      Teks tersebut berupa pengumuman tentang adanya ujian nasional bagi kelas 9, dan kelas 7 dan 8 akan libur untuk empat hari. Pertanyaannya menanyakan tentang dari teks tersebut kita tahu bahwa apa. Jawaban yang paling tepat adalah C (The students of seventh and eighth grade will be off for four days). Karena yang libur hanya kelas 7 dan 8 saja, sedangkan kelas 9 ada ujian nasional. Walaupun di teks tidak tertulis empat hari, namun itu tersirat yaitu dari Monday-Thursday (empat hari).

6. Notice (Pemberitahuan/Peringatan)
     Jenis teks ini biasanya berupa pemberitahuan/himbauan tentang suatu hal. Biasanya berupa peringatan, perintah, dan sejenisnya untuk memberikan informasi. Bentuknya bisa berupa tulisan maupun gambar, dan biasanya gambar dan tulisan. Kuncinya biasanya terdapat tulisan “Notice” dan tulisan lain yang mengindikasikan pemberitahuan.
Hal yang sering ditanyakan:
Di mana kita bisa menemukan pemberitahuan tersebut
Apa isi/maksud pemberitahuan tersebut
Untuk siapa pemberitahuan tersebut ditujukan
     
     Untuk menjawabnya, tentu kita harus mengetahui isi pemberitahuan tersebut. Kita bisa lihat dari maksud gambarnya (yang biasanya berupa simbol-simbol dan tanda) dan juga tulisannya (biasanya sangat singkat). Perhatikan konteksnya, apakah melarang, menyuruh, atau apa.

Contoh:

ebay.ca
What does the notice mean?
A. The place is for dogs only
B. People are forbidden to bring dogs to that area
C. No body is allowed to enter the area
D. Adult may not enter the area

Jawaban dan pembahasan:
     Teks tersebut adalah pemberitahuan yang berupa larangan untuk membawa anjing ke area bermain anak. Pertanyaannya menanyakan tentang maksud dari pemberitahuan tersebut. Jawaban yang paling tepat adalah B (People are not forbidden to bring dogs to that area).

     Itulah beberapa contoh soal, penjelasan singkat, dan pembahasannya bagian ke-1 untuk Ujian Nasional (UN) Bahasa Inggris SMP/SMA. Untuk bagian ke-2 bisa dilanjutkan ke ulasan selanjutnya. Semoga bermanfaat…dan semoga sukses!

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts