Friday 29 March 2019

[Tips dan Trik UN] Masalah Utama Siswa Dalam Mengerjakan Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA

[Tips dan Trik UN] Masalah Utama Siswa Dalam Mengerjakan Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA

My Own Property

     Ujian Nasioal (UN) memang masih menjadi sesuatu yang dianggap menakutkan bagi sebagian besar siswa. UN adalah hal perlu dilewati agar dapat lulus sekolah, baik itu SD, SMP, maupun SMA. Layaknya hidup, ujian harus dilakukan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam menghadapi dan menyelesaikan ujian tersebut. Apakah mereka mampu atau tidak, tentu bergantung pada kesiapan diri masing-masing untuk menghadapinya. Begitu juga dengan ujian hidup, UN atau Ujian Nasional juga harus dilewati untuk mengetahui apakah siswa tersebut mampu melewati ujian tersebut dan dapat menyelesaikan semua soal-soalnya dengan baik. Karena sejatinya ujian itu adalah sebagai parameter bagi kita. Parameter untuk mengukur kesiapan kita untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi, dengan catatan mampu menuntaskan semua ujian tersebut.

     Namun pada kenyataanya, untuk menuntaskan UN tersebut tidaklah mudah. Banyak masalah yang dihadapi oleh para siswa menjelang UN, khusunya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Sebagai salah satu mata pelajaran yang diujikan di UN, Bahasa Inggris dianggap cukup sulit karena Bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia. Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan oleh siswa adalah para siswa tidak tahu arti dari sebagian besar kata dalam Bahasa Inggris sehingga mereka sulit memahami soal maupun menemukan jawabannya. Karena masalah itulah para siswa merasa sulit mengerjakan soal UN Bahasa Inggris dengan baik. Masalah inilah yang menjadi alasan bagi para siswa untuk enggan mempelajari Bahasa Inggris dan mengakibatkan nilainya pun rendah.
     
     Selain itu, menurut pengamatan saya memang ada beberapa teks dalam soal UN Bahasa Inggris yang kurang sesuai dengan tingkat pendidikan siswa. Sebagai contoh untuk soal UN SMP, ada teks yang mendeskripsikan tentang tempat, sejarah, tokoh, biografi, dll di luar negeri yang sangat asing bagi siswa. Sehingga secara kontekstual, siswa tidak dapat menangkap isi teks tersebut. Sangat sulit bagi siswa untuk memahami teks tersebut karena memang pengetahuan mereka terkadang masih terbatas. Karena setahu saya, dalam pembuatan soal seharusnya menyesuaikan dengan kondisi geografis, budaya, sejarah, dan sosial di mana soal akan diujikan. Dengan demikian, siswa tidak akan merasa kesulitan karena secara konteks para siswa sudah sedikit memahaminya walaupun tanpa membaca keseluruhan teks tersebut. Walaupun banyak juga teks yang berisi sejarah, tokoh, dan tempat lokal di Indonesia itu sendiri. Tidak hanya itu, ada juga beberapa teks yang berisi Sains yang masih jauh dari pengetahuan siswa karena mungkin di sekolah belum pernah diajarkan. Akibatnya, para siswa tidak bisa memahaminya dengan baik, sekalipun sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

     Kemudian, keluhan yang sering disampaikan siswa adalah adanya teks bacaan yang terlalu panjang. Teks yang terlalu panjang inilah yang terkadang membuat para siswa banyak menghabiskan waktu untuk membaca. Walaupun seharusnya siswa tidak perlu membaca semuanya. Namun kebanyakan siswa pasti membaca teks tersebut secara keseluruhan untuk benar-benar memahami teks tersebut dan untuk mendapatkan ide pokok atau pesan moral yang terkadang menjadi pertanyaan di UN. Tidak hanya menghabiskan waktu, teks yang terlalu panjang juga akan membuat siswa merasa jenuh sehingga konsentrasi siswa menurun dan berdampak pada kemampuan menjawab soal siswa. Terlebih lagi, biasanya teks yang panjang tersebut digunakan hanya untuk menjawab 2 atau 3 soal saja. Itulah yang membuat sebagian besar siswa merasa kesal dan akhirnya malas untuk membaca.

     Itulah beberapa masalah yang sering dikeluhakan dan dihadapi oleh siswa dalam menghadapi UN, khususnya Bahasa Inggris. Karena memang perlu dimaklumi bahwa Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang mudah dipelajari apalagi di Indonesia yang sejatinya adalah Bahasa Asing. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi evaluasi bagi kita semua, baik bagi para pengajar, pembuat soal, maupun siswa itu sendiri. Namun tidak perlu risau bagi kalian para siswa karena setelah ini ada tips dan trik yang akan saya bagikan kepada adik-adik semua untuk mengerjakan soal UN dengan mudah. Ikuti terus ya…Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Kata kunci:
Ujian Nasional, UN, Bahasa Inggris, UN Bahasa Iggris, Masalah Siswa Dalam Menghadapi UN Bahasa Inggris, Tips dan Trik UN, Tips dan Trik Ujian Nasional, Tips dan Trik UN Bahasa Inggris, Tips dan Trik Mengerjakan UN Bahasa Inggris.

Baca Juga:
[Tips dan Trik UN] Jenis-Jenis Soal dan Teks Yang Diujikan Dalam UN Bahasa Inggris SMP/SMA

1 comment:

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts