Sunday 26 May 2019

Wisata Malioboro Yogyakarta, Apa saja yang bisa kita temukan di Malioboro?

Wisata Malioboro Yogyakarta, Apa saja yang bisa kita temukan di Malioboro?

hal di malioboro
My Own Property
Malioboro adalah salah satu wisata andalan di kota Yogyakarta yang sudah sangat terkenal. Malioboro ini pada dasarnya adalah pusat perbelanjaan di Yogyakarta yang menawarkan berbagai jenis barang. Namun Malioboro ini lebih dikenal sebagai tempat wisata. Lokasinya sendiri berada di Jalan Malioboro, Kota Yogyakarta Deaerah Istimewa Yogyakarta. Ya, benar sekali bahwa Malioboro ini adalah pusat perbelanjaan yang berada di sepanjang Jalan Malioboro (dari rel kereta api sampai 0 km Yogyakarta). Di Jalan Malioboro ini banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya, baik pedagang kaki lima, mall, maupun toko-toko yang berderet sepanjang jalan tersebut.
Tidak seperti wisata pada umumnya, jika kita ingin ke Malioboro kita tidak akan dikenakan tiket masuk/gratis kecuali bagi yang membawa kendaraan motor/mobil tentu harus membayar tiket parkir masing-masing.
Lalu apa saja yang bisa kita temui di Malioboro Yogyakarta ini? tentunya banyak sekali hal yang bisa kita temukan di Malioboro. Berikut 11 hal yang bisa kita temukan di Malioboro:
1. Pakaian     
         
Malioboro
My Own Property
Sesuai namanya, yaitu pusat perbelanjaan, tentunya Maliboro menawarkan berbagai jenis pakaian mulai dari anak-anak hingga orang tua. Maka jangan heran jika sepanjang Jalan Malioboro ini penjual pakaian berjejer-jejer menjajakan dagangannya. Yang paling menjadi andalan di sini adalah pakaian bermotif batik. Beragam jenis dan model batik bisa ditemui di sini. Tidak hanya satu jenis pakaian saja yang ditawarkan, namun juga bermacam-macam mulai dari hem, kaos, daster, blouse, rok, celana, dan sebagainya. Untuk masalah harga tidak usaha khawatir, di sini harganya sangat bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Bisanya juga banyak sekali menawarkan discount (potongan harga) dan obral. Dan jika ingin membeli, pastikan kita menawar harganya terlebih dahulu karena biasanya mereka akan langsung menawarkan dengan harga yang lumayan tinggi.

2. Aksesoris

Hal yang ada di malioboro
My Own Property
Seperti pusat perbelanjaan lainnya, tentu di sini juga menawarkan berbagai macam aksesoris yang sangat beragam. Sebagai ciri khasnya juga masih banyak yang bermotif batik sebagai andalan. Di malioboro ini kita bisa temukan berbagai aksesoris seperti topi, blangkon, gelang, kalung, jam tangan, kaca mata, tas, sandal, sepatu, dan sebagainya karena sangat bervariasi. Kita tinggal pilih saja yang kita sukai dan yang harganya juga cocok.

3. Cenderamata

Oleh-oleh malioboro
My Own Property
Jika berkunjung ke tempat wisata, pastilah tidak lupa untuk membeli cenderamata atau oleh-oleh untuk keluarga, sahabat, pasangan, maupun tetangga. Di sini kita tinggal pilih saja oleh-oleh yang kita sukai, seperti ada gelang, gantungan kunci, gantungan tas, minatur, mainan anak-anak, dan beragam kerajinan tangan baik yang dari kayu ataupun logam. Harganya pun relatif terjangkau, apalagi jika kita membeli banyak biasanya akan ada potongan harga.

4. Kuliner

Kuliner malioboro
My Own Property
Ini nih yang ditunggu-tunggu, yaitu kuliner. Setelah lelah jalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro dan berbelanja, enaknya adalah mencari kuliner. Di malioboro kita bisa menikmati beragam kuliner yang enak mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Di sini banyak lesehan-lesehan dengan berbagai macam menu seperti ayam, bebek, ikan, soto, bakso, pecel dll dan juga angkringan. Ada juga makanan khas Jogja yang paling terkenal yaitu gudeg. Jika  belum pernah makan gudeg, maka harus mencobanya jika berkunjung ke Malioboro. Jika yang makanan modernpun banyak, tinggal mampir saja ke mall teredekat ataupun restaurant terdekat yang disukai.

5. Jajanan


malioboro kuliner
My Own Property
Setelah menikmati kuliner, tentunya enaknya duduk santai sambil menikmati suasana dan menikmati jajanan. Di Malioboro banyak sekali jajanan yang bisa kita pilih. Harganya pun lumayan terjangkau dan rasanya pun enak. Apa saja jajanan yang ada di Maliboro? Bisa baca di Jajanan di Malioboro Yogyakarta.

6. Hiburan


hiburan malioboro
My Own Property
Untuk menambah suasana lebih menyenangkan, kita bisa menikmati hiburan yang biasanya ada di Malioboro. Biasanya ada beberapa yang menyanyi, namun sebaiknya kita juga memberikan sedekahnya. Biasanya yang bernyanyi adalah para tunanetra, namun suaranya pun bagus. Ada juga penampilan kesenian angklung dan beberapa penarinya. Jika hari-hari tertentu biasanya juga ada penampilan panggung, baik kesenian maupun musik.

7. Spot foto


foto malioboro
My Own Property
Jika berkunjung atau berwisata ke suatu tempat ada hal yang tidak bisa kita lewatkan, bukan? Yaitu berfoto. Di Malioboro kita bisa berswafoto diberbagai spot karena memang menurut saya hampir semua spot di Malioboro sangat bagus untuk berfoto (Jadi siapkan kamera yang bagus ya). Biasanya ada beberapa patung/ikon yang bagus, atau pilih saja spot dan background yang diinginkan.

8. Pasar tradisional


Pasar Beringharjo
My Own Property
Walaupun di Malioboro ini juga merupakan pusat perbelanjaan, namun kita juga bisa berbelanja di pasar tradisionalnya, yaitu pasar Beringharjo. Lokasinya sama-sama di Malioboro, tinggal masuk saja ke dalam. Di sini juga pasarnya cukup luas dengan 3 lantai. Barang yang ditawarkanpun bervariasi dan banyak juga berbagai makanannya yang bisa kita temui di food court nya.

9. Turis asing


turis jogja
My Own Property
Untuk yang suka berbicara dengan turis asing/bule, Malioboro merupakan tempat yang tepat. Di sini biasanya banyak bule yang bisa kita ajak ngobrol. Tapi tentunya kita bisa sedikit berbahasa Inggris. Atau juga jika ingin hanya berlatih mempraktikan kemampuan Bahasa Inggrisnya, datang saja ke Malioboro dan temui bule yang ada. Kita bisa hanya sekedar ngorbol tanya kegiatan mereka di Indonesia, merekomendasikan makanan, dll yang intinya kita bisa saling berbagi dan berlatih.

10. Fasilitas


Fasilitas malioboro
My Own Property
Fasilitas di Malioboro lumayan lengkap, mulai dari toilet, masjid, tempat sampah, tempat duduk untuk bersantai, transportasi yang biasanya juga sebagai wisata seperti delman, sepeda, dan becak, ada juga Trans Jogja sebagai transportasi umum. Tempat parkir yang lumayan luas dan ada beberapa spot dan petugas keamanan yang selalu siaga. Kemudian banyak juga hotel dan penginapan di sekitar Maliboro. Akses yang mudah baik motor, mobil, angkutan umum, dan sebagainya. Ada juga ATM, money changer, pusat informasi turis, dll.

11. Wisata terdekat


Museum benteng vredeburg jogja
My Own Property
Jika sudah puas berbelanja dan jalan-jalan di Malioboro, kita juga bisa mengunjungi spot dan wisata terdekat lainnya. Spot terdekat yang bagus seperti 0 km Jogja dan tugu jogja. Di sini kita bisa menikmati suasana yang menyenangkan dan berswafoto. Untuk beberapa wisata terdekat, kita bisa mengunjungi Museum Benteng Vredeburg, Keraton Yogyakarta, Taman Pintar, dan Alun-alun utara yang bisa kita akses hanya berjalan kaki saja.

Tugu jogja
My Own Property
Itulah 11 hal yang bisa kita temukan di Malioboro Yogyakarta. Tentunya masih banyak hal lainnya yang bisa kita temui dan kita nikmati di wisata tersebut. Walaupun Malioboro ini tidak ada jam buka atau tutupnya, namun lebih dianjurkan datang ke Malioboro saat sore sampai malam karena saat pagi sampai siang biasanya belum ramai dan panas. Para pedagang dan pengunjungpun akan ramai ketika sore hingga malam. Jadi untuk mendapatkan pengalaman yang mengesankan, maka malam hari akan lebih menyenangkan. Kemudian untuk harga berbagai jenis barang di sini juga bervariasi, jadi lebih baik jika kita menawar harganya terlebih dahulu sebelum membeli, dan kita juga bisa survey ke beberapa pedagang di sini. Kita bisa menemukan barang yang sama dan harga yang berbeda juga, jadi pastikan kita pandai menawar harganya.

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts