Sunday 21 April 2019

Part of Speech (Jenis-Jenis dan Contohnya)

Part of Speech (Jenis-Jenis dan Contohnya)

Part of Speech
My Own Property
     Part of Speech adalah penggolongan kata/jenis kata berdasarkan fungsinya. Hampir semua bahasa di dunia ada yang namanya penggolongan kata ini. Fungsinya adalah untuk memudahkan dalam penyusunan kalimat sesuai dengan urutan kata yang benar (berdasarkan fungsinya) agar tidak menimbulkan makna yang berebeda. Seperti contoh dalam Bahasa Indonesia ada penggolongan kata seperti SPOK (Subjek, Predikat, Objeck, Keterangan). Tentu ini adalah pedoman untuk menyusun kalimat sesuai dengan jenis kata dn fungsinya. Begitu juga dengan Part of Speech ini, kita harus mengetahui penggolongan kata-kata tersebut sesuai dengan fungsinya agar tersusun kalimat yang benar.

Secara umum, dalam Bahasa Inggris ada 8 Part of Speech, yaitu:
1. Verb (Kata kerja)
2. Noun (Kata benda)
3. Adjective (Kata sifat)
4. Preposition (Kata yang menunjukan letak suatu benda)
5. Interjection (Kata seru/seruan)
6. Adverb (Kata keterangan)
7. Pronoun (Kata ganti)
8. Conjunction (Kata penghubung)

     Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas satu persatu Part of Speech berikut:
1. Verb (Kata kerja)
Dalam Cambridge dictionary, verb is a word or phrase that describes an action, condition, or experience. Kata atau frasa yang menggambarkan tindakan, kondisi, atau pengalaman. Secara umum dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai kata kerja atau kata menunjukan suatu tindakan/aktifitas/kegiatan. Contohnya: run (berlari), keep (menjaga), feel (merasakan), read (membaca), dll. Untuk lebih jelas mengenai verb (kata kerja), bisa baca di Apa Itu Verb?

2. Noun (Kata benda)
Dalam Cambridge dictionary, noun is a word that refers to a person, place, thing, event, substance or quality. Kata yang merujuk pada orang, tempat, benda, kejadian, pokok atau kualitas. Secara umum noun disebut sebagai kata benda. Kata benda ini bisa berfungsi sebagai subjek ataupun objek bergantung dari penggunaannya. Contohnya: table (meja), apple (apel), Bengawan Solo (nama sungai), Jakarta (nama kota), milk (susu). Untuk lebih jelas mengenai apa itu noun, bisa baca di Noun.

3. Adjective (Kata sifat)
Dalam Cambridge dictionary, adjective is a word that describes a noun or pronoun. Kata yang menggambarkan sebuah kata benda atau kata ganti. Secara umum adjective disebut sebagai kata sifat. Fungsinya yaitu untuk menggambarkan sifat-sifat atau karakter dari suatu kata benda, misalnya rasanya, warnanya, penampakannya, dll. Contohnya: beautiful (cantik), hard (keras), red (merah), sweet (manis). Untuk lebih jelas mengenai adjective, bisa baca di Adjective.

4. Preposition (Kata yang menunjukan letak suatu benda)
Dalam Cambridge dictionary, preposition (in grammar) is a word which is used before a noun, a noun phrase or a pronoun, connecting it to another word. Kata yang digunakan sebelum kata benda, frasa atau kata ganti, menghubungkannya dengan kata lainnya. Secara umum disebut sebagai preposisi atau kata yang menunjukan letak suatu benda atau juga kata depan. Contohnya: on (di atas), beside (disamping), between (diantara), dll. Untuk lebih jelasnya mengenai preposition bisa baca di Preposition.

5. Interjection (Kata seru/seruan)
Dalam Cambridge dictionary, interjection (in grammar) is a word which is used to show a short sudden expression of emotion. Kata yang digunakan untuk menunjukan sebuah ungkapan emosi yang pendek yang tiba-tiba. Secara umum dalam Bahasa Indonesia disebut juga sebagai seruan atau kata seru. Biasanya diungkapkan/diucapkan ketika terjadi sesuatu yang mengagetkan atau merasa terkejut, misalnya diberi kejutan, tersandung, kaget, dll. Biasanya hanya terdiri dari satu ungkapan kata, dan dalam bahasa tulis biasanya diakhiri dengan exclamation point (tanda seru). Contohnya: Ouch! Aduh! dll. Untuk lebih jelas tentang interjection bisa baca di Interjection.

6. Adverb (Kata keterangan)
Dalam Cambridge dictionary, adverb is a word which describes or gives more information about a verb, adjective, adverb, or phrase. Kata yang menggambarkan atau memberikan informasi lebih tentang sebuah kata kerja, kata sifat, kata keterangan, atau frasa. Secara umum disebut sebagai kata keterangan atau kata yang memberikan informasi tambahan terkait kapan, di mana, dan bagaimana. Contohnya: there (di sana), everyday (setiap hari), well (dengan baik), dll. Untuk lebih jelas terkait adverb bisa baca di Adverb.

7. Pronoun (Kata ganti)
Dalam Cambridge dictionary, pronoun is a word which is used instead of a noun or a noun phrase. Pronouns are often used to refer to a noun that has already been mentioned. Kata yang digunakan untuk menggantikan kata benda atau frasa. Kata ganti juga biasanya merujuk pada kata benda yang sudah disebutkan sebelumnya. Secara umum disebut sebagai kata ganti, yaitu kata yang menggantikan fungsi kata bend, baik subjek atau objek. Secara umum ada 7 kata ganti (berfungsi sebagai subjek), yaitu: I (Saya), You (Kamu), We (Kita), They (Mereka), He (Dia untuk perempuan), She (Dia untuk laki-laki), It (Dia untuk benda/hewan selain manusia). Sebenarnya ada 5 kata ganti sesuai dengan fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya bisa baca di Pronoun.

8. Conjunction (Kata penghubung)
Dalam Cambridge dictionary, conjunction is a word such as ‘and’, ‘but’, ‘while’, or ‘although’ that connects words, phrases, and clauses in a sentence. Kata seperti ‘dan’, ‘tetapi’, ‘ketika’, atau ‘meskipun’ yang menghubungkan kata, frasa, dan klausa dalam sebuah kalimat. Secara umum disebut sebagai kata penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan antar kata, frasa, klausa atau kalimat. Biasanya menghubungkan dua hal yang saling berhubungan, baik sebab akibat, hasil, dll. Contohnya: and (dan), or (atau), but (tetapi), although (meskipun), dll. Untuk lebih jelasnya terkait conjunction bisa baca di Conjunction. 

     Itu lah ulasan terkait Part of Speech secara umum. Namun, ada versi lain yang menyebutkan ada 9 Part of Speech, yaitu ada penambahan Article (seperti a, an, the). Untuk lebih jelas tentang article, bisa baca di Article.

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts