Wednesday 19 May 2021

SUGGESTION AND OFFERS DALAM BAHASA INGGRIS (Ungkapan Meminta dan Memberi Saran, Ungkapan menawarkan dan merespon tawaran, beserta contoh percakapannya)


 SUGGESTION AND OFFERS DALAM BAHASA INGGRIS

(Ungkapan Meminta dan Memberi Saran, Ungkapan menawarkan dan merespon tawaran, beserta contoh percakapannya)

 


SUGGESTION/ADVICE (SARAN/NASIHAT)

Suggestion/Advice adalah sebuah saran/nasihat yang diberikan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu. Tentunya ini sering kita alami, baik meminta saran ataupun memberikan saran kepada orang lain.

Berikut adalah beberapa ungkapan untuk meminta dan memberi saran dalam Bahasa Inggris:

Asking for Suggestion/advice (Meminta Saran/nasihat)

  • What do you think I should do? (Menurutmu apa yang harus saya lakukan?)
  • What do you suggest? (Apa saranmu?)
  • What would you do if you were me? (Apa yang akan kamu lakukan jika menjadi saya?)
  • What should I do? (Apa yang harus saya lakukan?)
  • Do you have any suggestions for me? (Ada saran untuk saya?)
  • Do you have any advice for me? (Ada nasihat untuk saya?)
  • Can you give me suggestion? (Bisa beri saya saran?)
  • Please tell me what should I do? (Beritahu saya apa yang seharusnya saya lakukan?)
  • Can you suggest me? (Bisa beri saya saran?)

Silahkan hafalkan sebanyak-banyaknya ungkapan di atas untuk meminta saran kepada orang lain dalam Bahasa Inggris. 

Giving Suggestion/advice (Memberi saran/nasihat)

  • I think you should/shouldn’t …. (Saya rasa kamu sebaiknya/jangan….)
  • Maybe you should …. (Mungkin kamu harus….)
  • You should/shouldn’t… (Kamu sebaiknya/jangan …..)
  • You need/ought to… (Kamu sebaiknya….)
  • You had better… (Kamu lebih baik…)
  • You ought to… (Kamu seharusnya….)
  • I advise you to… (Saya menyarankan kamu untuk….)
  • I suggest you to… (Saya menyarankan kamu untuk ….)
  • I suggest that you…. (Saya menyarankan kamu untuk ….)
  • I recommend you to… (Saya menyarankan kamu untuk….)
  • Why don’t you … (Mengapa kamu tidak….)
  • If I were you, I would ….(Jika saya menjadi kamu, saya akan….)
  • If I were in your position, I would… (Jika saya dalam posisimu, saya akan…)
  • I don’t think you should …. (Saya pikir kamu sebaiknya jangan…)

Silahkan hafalkan sebanyak-banyaknya ungkapan di atas untuk memberi saran kepada orang lain dalam Bahasa Inggris. Tentunya, saran itu disesuaikan dengan situasi dan kondisinya. 

Accepting Suggestion/Advice (Menerima saran)

Gunakanlah ungkapan-ungkapan di bawah ini jika kamu menerima saran dari orang lain dan kamu rasa saran yang diberikan memang sesuai dan kamu setuju.

  • I agree with you. (Saya setuju dengan kamu)
  • I think you’re right. (Saya pikir kamu benar)
  • I think so. (Saya rasa juga begitu)
  • That’s a good idea.  (Itu ide yang bagus)
  • That’s right. (Benar)
  • Thanks. I’ll try your advice. (Terima kasih. Saya akan coba saranmu)
  • That sounds great. (Kedengarannya bagus)

 

Rejecting Suggestion/advice (Menolak saran)

Jika kamu rasa saran yang diberikan orang lain tidak sesuai dan kamu tidak setuju, kamu bisa menggunakan ungkapan-ungkapan di bawah ini.

  • No, I don’t think so. (Tidak, saya rasa tidak begitu)
  • I disagree with you. (Saya tidak setuju denganmu)
  • That’s not a good idea. (Itu bukan ide yang bagus)
  • I understand your point, but I think… (Saya paham, tapi saya pikir….)
  • That’s a good idea, but…(Itu ide yang bagus, tapi….)


Contoh percakapan tentang suggestion dalam Bahasa Inggris

1. Memberi dan menerima saran/nasihat

Lulu  :”Are you okay?”

Hilda :”Yes. I just feel little bit dizzy because I have done many things today.”

Lulu  :”I think you should take a rest and get some food. You can continue it tomorrow.”

Hilda :”You are right, thanks for your advice.

Lulu  :”Yeah, you are welcome”

 

Kalimat yang diberi warna tebal adalah ungkapan memberi saran (giving suggestion/advice) dan ungkapan menerima saran (accepting suggestion/advice).

 

2. Meminta saran, memberi saran, dan menerima saran/nasihat

Afif    :”What’s wrong with you, Han?”

Han  :”I always get up late in the morning, so that I cannot go to school on time. What do you think I should do? ”

Afif    :”I suggest you to go to bed early. Don’t stay up late night again.

Han  :”Yeah, I think so, thanks. Start for now, I will try to sleep early.”

 

Kalimat yang diberi warna tebal adalah ungkapan meminta saran (asking for suggestion/advice, memberi saran (giving suggestion/advice) dan ungkapan menerima saran (accepting suggestion/advice). 

 

3. Memberi saran dan menolak saran 

Husein      :”You look pale. What happen?”

Fino          :”I haven’t eaten since this morning. I feel limp right now.”

Husein      :”Why don’t you get some food and eat now? You could pass out.”

Fino          :”That’s a good idea, but the problem is I have no money left.”

Husein      :”What a pity you are. Come with me, I will treat you lunch.”

Fino          :”Thanks, Husein. You are so kind.”

 

Kalimat yang diberi warna tebal adalah ungkapan memberi saran (giving suggestion/advice) dan ungkapan menolak saran yang disertai dengan alasannya (rejecting suggestion/advice).

 

OFFERING THINGS (MENAWARKAN SESUATU)

Offering things adalah menawarkan sesuatu yang misalnya bisa berupa makanan/minuman kepada seseorang, misalnya tamu atau orang lain. Ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan sebaiknya dilakukan secara sopan.

Berikut adalah beberapa ungkapan untuk menawarkan sesuatu kepada orang lain yang disertai dengan ungkapan untuk meresponnya baik menerima tawaran ataupun menolak tawaran.

Offering things (Menawarkan sesuatu)

Ada ungkapan yang formal dan juga ungkapan yang informal.

Formal

  • Do you need…? (Apakah kamu membutuhkan…?)
  • Would you like…? (Maukah kamu…?)
  • Shall I … (for you)? (Haruskan saya….(untukmu)?)
  • Would you like me to…? (Maukah saya untuk….?)
  • I will…if you like. (Saya akan….jika kamu suka.)
  • Can I get you some…? (Bisakah saya ambilkan kamu beberapa…?)
  • Would you like some…? (Maukah kamu beberapa…?)
  • May I offer you some…? (Maukah saya tawarkan kamu beberapa…?)
  • Would you like me to get you some…? (Maukah saya ambilkan kamu beberapa…?)

 

Informal

  • How about some…? (Bagaimana dengan beberapa…?)
  • What about some…? (Bagaimana dengan beberapa….?)
  • What do you say about…? (Bagaimana dengan….?)
  • Are you up for some…? (Maukah kamu beberapa….?)

 

Gunakanlah ungkapan untuk menawarkan sesuatu di atas sesuai dengan situasinya dan isilah rumpangnya dengan tawarannya.

 

Responses to offers

Jika ada yang menawarkan sesuatu kepada kita, maka kita bisa menerima atau menolak tawaran tersebut. Ketika kita menerima tawaran, jangan lupa ucapkan terima kasih. Dan ketika kita menolak tawaran, kita juga sebaiknya menolak secara halus dan sopan dan juga ucapkan terima kasih. Berikut beberapa ungkapan untuk menerima dan menolak tawaran dalam Bahasa Inggris.

Accepting offers (Menerima tawaran)

  • Thank you. (terima kasih)
  • I’d love to. (dengan senang hati)
  • I’d love some. (saya mau beberapa)
  • Yes, that would be nice. (Ya, itu bagus)
  • Thank you. I’d like to. (terima kasih. saya suka)
  • Yes, please. (Ya, silahkan)
  • Yes, that’s kind of you. (Ya, anda baik sekali)
  • That sounds great! (less formal) (kedengarannya bagus)
  • Please! (less formal) (silahkan)
  • You bet! (less formal) (tentu)

 

Gunakanlah ungkapan untuk menerima tawaran tersebut di atas sesuai dengan situasinya.

 

Refusing offers politely (menolak tawaran dengan sopan)

  • Thank you, but I am on diet. (terima kasih, tapi saya sedan diet)
  • That’s very kind. Unfortunately, I ….(itu sangat baik. Sayangnya, saya… )
  • I’d like to, but…(saya suka, tapi…)
  • I’m fine, thank you. (saya baik-baik saja, terima kasih)
  • No, thank you. I am fine. (Tidak, terima kasih. saya baik-baik saja)
  • That’s very kind. But no, thank you. (itu sangat baik. Tapi, terima kasih)

 

Gunakanlah ungkapan untuk menolak tawaran tersebut di atas sesuai dengan situasinya dan isilah rumpangnya dengan alasan mengapa menolaknya.

 

Contoh percakapan tentang penawaran dalam Bahasa Inggris:

1. Percakapan menawarkan sesuatu dan menerima tawaran

Dona          :”Would you like a cup of coffee?”

Siska          :”Thank you. I’d like to.”

Dona          :”You are welcome.”

 

Kalimat yang diberi warna tebal adalah ungkapan untuk menawarkan sesuatu (offering something) dan menerima tawaran (accepting offers).

 

2. Percakapan menawarkan sesuatu dan menolak tawaran

Waiter        :”Excuse me, may I offer you some sugar for your coffee?

Putra :”I’m fine, thank you”

 

Kalimat yang diberi warna tebal adalah ungkapan untuk menawarkan sesuatu (offering something) dan menolak tawaran (rejecting offers)

 

3. Percakapan menawarkan sesuatu, menerima tawaran, dan menolak tawaran

Siti    :”Hi, guys”

Dian and Hani    :”Hi, Siti.”

Dian  :“Finally, you come. We are waiting for you.”

Siti    :” I’m sorry I am late. I made avocado juice first before coming here.”

Hani  :”Wow! That must be nice.”

Siti    :”Would you like this avocado juice, guys?”

Hani  :”Yes, that would be nice. I like avocado.”

Dian  :”That’s very kind. Unfortunately, I don’t like avocado, Siti.”

Siti    :”Here it is, Hani. I hope you like it.”

Hani  :”Thanks, Siti.”

Siti    :”What a pity, Dian. I don’t know that you don’t like avocado.”

Dian  :”No problem, Siti. Thanks”

 

Kalimat yang diberi warna tebal adalah ungkapan untuk menawarkan sesuatu (offering something), menerima tawaran (accepting offers), dan menolak tawaran (rejecting offers).

         

Semoga bermanfaat!


Baca Juga:


No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts