Sunday 23 June 2019

Wisata Candi Sojiwan Klaten, Berdiri Tegak Di Taman Hijau

Wisata Candi Sojiwan Klaten, Berdiri Tegak Di Taman Hijau
 
candi klaten
My Own Property/Candi Sojiwan
Di Indonesia memang banyak peninggalan sejarah yang memiliki nilai artistik tinggi, salah satunya adalah candi. Banyak candi yang tersebar di Indonesia khususnya pulau Jawa, yaitu Jawa Tengah dan Yogyakarta. Beberapa candi yang terkenal karena kemegahannya adalah Candi Prambanan di Klaten dan Candi Borobudur di Magelang. Nah, kali ini saya tidak akan mengulas kedua candi tersebut (doakan saja ya semoga bisa berkunjung ke situ). Kali ini saya akan mengulas tentang salah satu candi di Klaten yang memang belum terlalu terkenal, yaitu Candi Sojiwan.

wisata candi sojiwan klaten
My Own Property/Candi Sojiwan
Candi Sojiwan berlokasi di Desa Kebon Dalem Kidul, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Sebenarnya Candi Sojiwan ini dekat dengan Candi Prambanan dan Candi Plaosan, hanya beberapa menit saja. Namun, masih belum banyak yang mengetahuinya karena memang lokasinya agak tersembunyi dan komplek candi yang tidak terlalu besar dibandingkan candi yang lain. Untuk masuk ke komplek Candi Sojiwan kita harus membayar tiket masuk Rp 5.000,- (harga tiket bisa berubah). Candi ini mulai buka sekitar pukul 07.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

Baca Juga:

wisata candi
My Own Property/Candi Sojiwan
Komplek Candi Sojiwan ini terletak ditengah-tengah taman yang hijau yang lumayan luas. Hanya ada satu candi yang berdiri tegak dengan menghadap ke barat dengan beberapa patung dan bangunan seperti stupa kecil di sekitarnya. Candi ini memang sudah mengalami pemugaran namun masih ada beberapa patung dan bangunan yang belum dipugar sepenuhnya. Walaupun begitu, candi ini tetap terlihat indah dan cantik dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Selain menikmati suasana di luar, kita juga bisa masuk ke dalam candi. Untuk masuk ke dalam candi, kita akan melwati beberapa anak tangga. Di dalamnya cukup gelap dan kosong, hanya cahaya dari luar dan fentilasi saja.

candi klaten
My Own Propert/Candi Sojiwan
Seperti kebanyakan candi yang ada, Candi Sojiwan ini merupakan candi Hindu yang banyak memiliki cirri khas tersendiri. Candi ini memiliki banyak relief yang sangat menarik dan tentunya mengandung cerita sejarah masa lalu. Relief-relief ini bisa kita lihat di kaki candi dengan lumayan jelas walaupun sudah agak pudar. Candi ini terdiri dari kaki candi, badan candi, dan stupa.

Baca Juga:

masterpiece indonesia
My Own Property/Candi Sojiwan
Fasilitas di Candi Sojiwan cukup lengkap seperti tempat sampah, sehingga lokasi candi terlihat bersih. Tempat parkir yang cukup untuk sepeda motor dan mobil. Ada juga warung makan dan minum, namun berada di luar komplek candi, dan juga ada toilet. Dan tentunya Candi Sojiwan ini menyuguhkan suasana yang asri, tenang, hijau, dan damai sehingga sangat cocok untuk bersantai ataupun berkumpul bersama kerabat. Lokasi yang penuh dengan rumput hijau dan bersih bisa kita manfaatkan untuk langsung duduk ataupun menggelar tikar. Jika mempunyai anak kecil, komplek candi ini juga bisa untuk bermain bersama.

dedepurnomo393.blogspot.com
My Own Property/Candi Sojiwan
Demikian ulasan terkait Candi Sojiwan Klaten. Bagi kalian yang baru tahu candi ini, cobalah untuk berkunjung dan ajak juga kerabatya ya agar Candi Sojiwan ini tetap eksis dan bisa menjadi wisata sejarah dan edukasi bagi masyarakat Indonesia. Semoga bermanfaat…semoga sukses!

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts