Wednesday 12 June 2019

Bus Trans Jogja, Kelebihan dan Kekurangan Naik Bus Trans Jogja, Kudu Tau!

Bus Trans Jogja, Kelebihan dan Kekurangan Naik Bus Trans Jogja, Kudu Tau!

Kelebihan dan kekurangan trans jogja
My Own Property
Setelah sebelumnya kita mengulas detail tentang Bus Trans Jogja, kali ini kita akan membahas tentang apa sih kelebihan dan kekurangan jika kita naik Bus Trans Jogja? Seperti transportasi publik pada umumnya, jika kita naik Bus Trans Jogja tentu ada plus minusnya. Kelebihan dan kekurangan ini bisa datang dari internal maupun eksternal. Apa saja kelebihan dan kekurangan jika kita naik Bus Trans Jogja, langsung saja cek ulasan berikut ini:

Kelebihan naik Bus Trans Jogja:
  • Bus Trans Jogja nyaman dan aman

Bus Trans Jogja memang moda transportasi yang cukup modern sehingga nyaman dan aman. Fasilitas yang lengkap seperti AC, kursi yang empuk, ada musiknya, dan bus yang lumayan terawat menjadi poin plusnya. Selain itu juga ada pengharum ruangannya, tempat sampah, dan larangan untuk makan/minum di dalam bus. Bus Trans Jogja juga aman karena dilengkapi dengan CCTV yang selalu on pastinya dan juga ada tabung pemadam api (fire extinguisher). Selain itu, tindak kejahatan seperti pencopetan dan pelecehan juga sangat minim.
  • Hujan tidak kehujanan, panas tidak kepanasan

Salah satu kelebihan naik Bus Trans Jogja yang bisa dinikmati saat musim hujam maupun musim kemarau. Yaitu, saat musim hujan tentu kita tidak akan kehujanan dan kebasahan karena tinggal duduk manis di dalam bus. Begitu juga saat musim kemarau, cuaca yang panas tidak akan menjadi halangan karena di dalam Bus Trans Jogja ada AC nya yang selalu aktif. Ini tentu berbeda jika kita menggunakan kendaraan bermotor ataupun ojol (ojek online), tanpa mantel dan tanpa payung.

Baca Juga:

fasiltas trans jogja
My Own Property

  • Lebih hemat biaya alias irit

Dengan biaya Rp 3.500,- saja kita sudah bisa keliling Jogja lho! Dengan jarak sejauh apapun kita tetap membayar segitu karena tarif tersebut berlaku sekali jalan (single trip) yang artinya kita tidak perlu mambayar lagi sampai kita sampai tujuan, walaupun kita harus transit berkali-kali. Berbeda denga transportasi lainnya yang biaya atau tarifnya dihitung berdasarkan jarak tempuh.
  • Menjangkau banyak objek vital

Banyak objek vital di Jogja yang bisa dijangkau dengan Bus Trans Jogja. Seperti beberapa kampus yang bisa dijangkau yaitu UGM, UNY, Sanata Dharma, UPN, UIN, UAD, UMBY, STIKES, Amikom, dll. Tempat wisata seperti Malioboro, Mall, Benteng Vredeburg, Taman Pintar, Keraton, O KM, Tugu Jogja, dll. Kemudian Stasiun Lempuyangan, Stasiun Jogja, Bandara Adisutjipto, Terminal Giawangan, Terminal Jombor, dll. Dan banyak objek vitallainnya  yang bisa dijangkau.

  • Pelayanan cukup ramah

Untuk pelayanan dari petugas Trans Jogja juga cukup ramah. Kita akan ditanya tujuan kita dan akan diarahkan untuk naik bus rute yang mana sesuai tujuan. Jika kita menggunakan Bahasa Jawa, para petugas juga akan menggunakan Bahasa Jawa halus (krama) sebagai tata krama dalam Bahasa Jawa.

Kekurangan naik Bus Trans Jogja:
  • Waktu tempuh lebih lama

Waktu tempuh memang terkadang lebih lama tentunya karena kita harus mengikuti rute yang sudah ditentukan. Terkadang bus harus muter terlebih dahulu walaupun tujuan kita lumayan dekat. Selain itu ada juga sistem transit yang terkadang kita harus transit di tempat yang lebih jauh, dan harus menunggu bus lainnya datang. Tentu ini berbeda dengan transportasi lain seperti ojek yang bisa menggunakan rute tercepat. Apalagi jika terjadi kemacetan, tentu ini akan menambah waktu tempuh lebih lama lagi.

  • Kedatangan bus susah bisa diprediksi

Mungkin dari pengelola Bus Trans Jogja sudah ada jam tertentu untuk waktu keberangkatan dan kedatangan bus. Namun parkteknya tidak semudah itu karena waktu kedatangan bus bisa ditentukan oleh banyak faktor seperti jalan macet, dll. Sehingga waktu kedatangan agak susah ditebak. Tapi secara umum (jika jalan lancar) sebenarnya ada jam kedatangan tersendiri yang bisa kita prediksi, misalnya jam 09.00, 09.30, dll. Itu kita bisa tebak jika kita sudah sering menggunakan bus tersebut.

Baca Juga:
  • Lumayan lama untuk menunggu bus

Seperti penjelasan sebelumnya karena bus susah ditebak jam kedatangannya, maka kita terkadang harus menunggu lumayan lama. Bahkan kita bisa menuggu hingga 20-15 menit. Hal ini karena memang jam kedatangan antar bus itu ada interval waktunya yang berjarak 10-20 menit. Apalagi jika terkena macet, maka interval yang seharusnya hanya 10-20 menit bisa menjadi 30 menit bahkan lebih. Tapi terkadang juga intervalnya sangat cepat, 5-10 menit saja karena bus terlalu berdekatan akibat macet. Solusinya adalah usahan kita berangkat lebih awal dari jam kebutuhan kita. Misalnya kita harus sampai tujuan jam 09.00, maka kita sebaiknya jam 07.30 sudah bersiap menunggu bus.
  • Halte bus terlalu berjauhan

Jarak halte Bus Trans Jogja antara satu dengan lainnya memang terkadang cukup jauh. Jarak bisa saja 300-600 meter (bergantung rute). Namun ada juga yang dekat mungkin sekitar 100-200 meter saja. Faktor jauh atau dekatnya halte bus ini ditentukan oleh tingkat keramaian rute yang dilalui dan juga objek vital dari rute yang dilalui. Jika rute bus yang dilalui cukup ramai maka halte biasanya lebih banyak, entah itu portable ataupun transit seperti tempat wisata. Ketika rute melalui objek vitalpun pasti ada halte busnya karena itu objek penting seperti sekolah, kampus, rumah sakit, terminal, stasiun, bandara, dll. Jadi jangan heran jika terkadang kita harus berjalan cukup jauh untuk menjangkau halte Bus Trans Jogja (anggap saja olahraga ya).

Halte portable trans jogja
My Own Property

  • Banyak halte portable tanpa atap dan tempat duduk

Kalau dihitung, mungkin lebih banyak halte portable daripada halte transit. Halte transit hanya di tempat-tempat tertentu saja, sedangkan halte protable lebih banyak tersebar. Halte transit mungkin lumayan nyaman karena ada atap dan tempat duduknya, namun berbeda dengan halte portable. Biasanya halte portable tidak ada atapnya dan tidak ada tempat duduknya. Terkadang ada juga yang ada atap tanpa tempat duduk. Jadi kalau menunggu bus saat panas tentu kepanasan, dan saat hujan tentu kehujanan.
  • Belum memiliki jalur sendiri

Tidak seperti Trans Jakarta yang sudah punya jalur sendiri, Bus Trans Jogja masih menggunakan jalur jalan utama karena belum mempunyai jalur sendiri. Ini mungkin karena di Jogja jalannya masih terlalu sempit (tidak lebar) sehingga kalau membuat jalur khusus Trans Jogja akan sulit karena akan menimbulkan masalah baru seperti penyempitan jalan yang signifikan. Itulah mengapa waktu kedatangan Trans Jogja susah diprediksi dan masih sering terjebak macet.

Baca Juga:


rute bus trans jogja
My Own Property

  • Rute hanya di dalam ringroad saja

Bus Trans Jogja memang angkutan umum yang berbasis perkotaan. Jadi Bus Trans Jogja hanya beroperasi di daerah perkotaan (di dalam ringroad). Untuk menjangkau daerah di luar ringroad kita harus menggunakan angkutan umum lainnya yang berbeda. Walaupun hanya beroperasi di dalam ringroad, tapi jangkauannya lumayan merata dan kebermanfaataanya bisa dirasakan.
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Bus Trans Jogja. Untuk kelebihan tentunya masih banyak lagi yang bisa dirasakan masing-masing pengguna, sedangkan untuk kekurangan tentulah sebagai evaluasi untuk kedepan lebih baik lagi. Jika punya pendapat lain silahkan berbagi di kolom komentar ya…
Semoga bermanfaat…semoga sukses!

Nb: 
Bus Trans Jogja sebenarnya adalah solusi yang ditawarkan pemerintah untuk mengurai kemacetan di Jogja yang sudah semakin bertambah. Target utamanya adalah mereka kalangan menengah ke atas yang masih sering menggunakan mobil pribadi walaupun semua kalangan bisa menggunakan bus ini. Dengan adanya Bus Trans Jogja ini diharapkan banyak yang beralih menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi. Namun kenyataannya masih belum berjalan optimal.


Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts