Friday 21 June 2019

Wisata Candi Gedong Songo Semarang, Wisata Alam Penuh Sejarah

Wisata Candi Gedong Songo Semarang, Wisata Alam Penuh Sejarah
 
candi gedong songo
My Own Property
Semarang memang banyak menyimpan beragam wisata alam dan sejarah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Seperti wisata yang sangat terkenal satu ini yaitu wisata Candi Gedong Songo. Wisata Candi Gedong Songo ini sangat terkenal bagi wisatawan lokal maupun internasional. Ini dibuktikan dengan banyaknya wisatawan asing yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Wisata Candi Gedong Songo berlokasi di Krajan, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, 50614. Untuk mencapai lokasi ini kita akan melewati medan yang cukup menanjak dan berkelok. Jadi pastikan kendaraan yang kita gunakan dalam keadaan baik dan tidak melebihi muatan agar aman sampai tujuan. Untuk masuk ke lokasi Candi Gedong Songo kita akan dikenakan tiket masuk Rp 8.000,- (harga tiket bisa berubah). Untuk bisa menikmati Wisata Gedong Songo kita bisa datang sekitar pukul 05.30-18.00 WIB.
wisata alam dan sejarah semarang
My Own Property
Sesuai dengan namanya, Wisata Candi Gedong Songo merupakan wisata sejarah dengan balutan pemandangan alam yang sangat memanjakan siapa saja yang berkunjung ke sana. Dalam bahasa Indonesia, “songo (Bahasa Jawa)” artinya adalah “sembilan”. Oleh karenanya jumlah candi yang ada di lokasi ini berjumlah Sembilan candi. Itulah mengapa lokasi wisata ini disebut dengan Candi Gedong Songo (Bangunan Candi Sembilan). Candi-candi ini merupakan peninggalan sejarah kebudayaan Hindu yang berada dalam satu komplek yang sekarang disebut dengan Gedong Songo. Walaupun dalam satu komplek, jarak antar candi satu sampai sembilan semuanya berjauhan sekitar 200-300 meter bahkan ada yang lebih. Untuk mencapai satu candi ke candi lainnya kita harus berjalan menyusuri jalan yang naik turun. Itulah mengapa kita harus mempersiapkan fisik dan bekal yang cukup agar bisa mencapai semua candi. Walaupun bisa dibilang cukup melelahkan, semua rasa lelah akan terbayar dan tidak terasa lagi karena kita akan disuguhi pemandangan yang sangat indah seperti hamparan kebun teh, pegunungan, hutan pinus, kebun-kebun, dan alam yang masih sangat asri karena memang lokasinya berada di pegunungan.

wisata bandungan semarang
My Own Property
Untuk dapat menikmati keindahan Wisata Gedong Songo sebaiknya datang ke sini saat pagi agar bisa menikmati mentari dan embun pagi. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa suhu di sini bisa sangat dingin, terutama saat pagi dan sore hingga malam hari. Jadi siapkanlah baju hangat ataupun jaket, sarung tangan, dan penutup kepala. Untuk siang hari suhu masih dingin, namun ketika panas maka akan bisa sangat panas. Jadi siapkan juga krim anti sinar matahari ataupun penutup kulit agar kulit kita tidak hitam terbakar jadinya.
candi gedong songo semarang
My Own Property
Fasilitas di Candi Gedong Songo ini juga lengkap, yaitu parkir yang cukup luas, baik untuk motor maupun mobil. Kemudian ada juga toilet, mushola, tempat istirahat, warung kuliner dan bahkan banyak penjual hampir disetiap titik candi, penginapan, dan spot foto menarik baik spot candi maupun pemandangan alam. Jika kita ingin berkeliling komplek candi tanpa harus lelah berjalan, di sini juga ada fasilitas berkeliling dengan menaiki kuda, namun tentunya dengan tambahan biaya tersendiri ya. Selain itu, jika kita ingin merasakan dinginnya malam dengan suasana alam, kita juga bisa berkemah dikomplek candi dengan membawa peralatan kemah tersendiri. Pokoknya lengkap sudah fasilitas yang disuguhkan. Di sini juga ada pancuran air panas dengan kandungan belerang yang konon bisa berkhasiat mengobati penyakit kulit ataupun untuk kesehatan. Dan satu hal lagi, air di sini sangat dingin. Jadi siap-siap ya bagi yang tidak kuat dingin.

gedong songo semarang
My Own Property
Komplek Wisata Candi Gedong Songo ini juga bukan hanya sekadar tempat wisata. Banyak kegiatan yang diadakan di sini seperti gathering, outbound, study tour, lomba-lomba, dan sebagainya. Di sini juga ada panggung terbuka yang biasa digunakan untuk acara musik, senam, dan berbagai pertunjukan lainnya. Selain itu, ada juga penampilan kuda lumping yang bisa kita nikmati pada waktu-waktu tertentu. Di sekitar Wisata Candi gedong Songo juga banyak wisata lainnya yang bisa dinikmati dan tentunya dengan wahana yang tidak kalah menarik.

Tips berwisata di Wisata Candi Gedong Songo:
  • Sediakan masker, sarung tangan, sepatu, dan jaket karena suhu bisa sangat dingin pada saat pagi, sore, hingga malam hari dan sangat panas pada siang hari.
  • Mintalah nomor penting keamanan atau penjaga sebagai bentuk kewaspadaan jika terjadi ha-hal yang tidak diinginkan (keseleo, pingsan, dll).
  • Bersiap-siap karena air sangat dingin.
  • Jangan banyak membawa barang-barang saat menjelajah komplek candi karena treknya bisa naik turun dan lumayan jauh.
  • Siapkan makanan dan minuman cukup atau uang yang cukup jika ingin makan dan minum karena banyak penjual makanan.
Itulah ulasan seputar Wisata Candi Gedong Songo Semarang. Semoga bermanfaat..semoga sukses!

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts