Sunday 31 March 2019

[Tips dan Trik UN] Jenis-Jenis Soal dan Teks Yang Diujikan Dalam UN Bahasa Inggris SMP/SMA

[Tips dan Trik UN] Jenis-Jenis Soal dan Teks Yang Diujikan Dalam UN Bahasa Inggris SMP/SMA

My Own Property

     Seperti yang saya sampaikan sebelumnya di artikel Masalah Utama Siswa Dalam Mengerjakan Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA bahwa saya akan memberikan tips dan trik mengerjakan soal UN Bahasa Inggris dengan  mudah untuk SMP/SMA. Namun sebelum kita masuk ke pembahan tips dan trik, saya akan memberikan sedikit penjelasan terkait apa saja soal dan teks yang biasanya muncul di UN Bahasa Inggris SMP/SMA. Mari simak penjelasan berikut ini:
            
     Dalam soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA, ada beberapa jenis teks dan soal yang sering ditanyakan dan tentunya ada kuncinya masing-masing. Dari beberapa jenis soal-soal tersebut akan mengukur pengetahuan, pemahaman, dan penerapannya. Lalu, apa saja jenis teks dan soal yang diujikan dalam UN Bahasa Inggris SMP/SMA? Berikut ulasannya:
1. Teks Transaksional dan Interpersonal
     Tujuan dari teks transaksional dan interpersonal ada perbedaan. Teks transaksional bertujuan untuk memperoleh informasi dari lawan bicara sesuai tujuan pembicara. Sedangkan teks interpersonal adalah teks yang bertujuan untuk berinteraksi dengan orang lain atau bersosialisasi. Jenis soal dalam bagian ini biasanya berupa dialog singkat antara dua orang yang berisi ungkapan-ungkapan sesuai tujuannya. Namun, soal jenis ini biasanya tidak selalu muncul di UN Bahasa Inggris. Dalam teks ini ada beberapa jenis ungkapan atau teks yang sering digunakan dalam UN seperti: Ucapan Selamat (Congratulation), Undangan (Invitation), Permohonan Maaf (Apologizing), Persetujuan/Ketidaksetujuan (Agreement/Disagreement), dan Meminta Izin (Asking for Permission).

2. Teks Fungsional Pendek
     Dalam jenis soal ini, biasanya tujuannya adalah untuk menemukan isi dari teks tersebut atau fungsi dari teks tersebut. Jenis teksnya bukan berupa dialog, namun berupa kartu, surat, dll. Jenis teks yang sering muncul dalam bagian ini adalah: Kartu Selamat (Greeting Card), Pesan Singkat (Short Message), Iklan (Advertisement),  Pengumuman (Announcement), Pemberitahuan (Notice), dan Kartu Undangan (Invitation Letter). Dalam bagian ini, siswa harus lebih teliti karena biasanya banyak jawaban yang berupa sinonim (persamaan kata), antonym (lawan kata), parafrasa, dan simpulan baik tersirat maupun tersurat. Oleh karenanya siswa harus teliti dalam bagian ini.

3. Functional Text
     Dalam bagian ini, tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman, penalaran siswa dan penerapannya. Biasanya berupa teks yang lumayan panjang beragam. Dalam mengerjakan soal jenis teks ini dibutuhkan ketelitian dan ketekunan karena jawabannya bisa berupa simpulan, isi teks, ide pokok, pesan moral, dll dan bisa tersurat maupun tersirat. Jenis teks yang sering muncul adalah: Teks Deskripsi (Descriptive Text), Pengalaman Masa Lalu (Recount), Teks Prosedur (Procedure text), Teks Naratif/Cerita (Narrative Text), Laporan (Report Text), Iklan (Advertisement), dan Label Produk (Label).    

4. Kalimat Rumpang
     Biasanya ada soal dengan teks rumpang yang harus diisi oleh siswa. Biasanya berupa paragraf dan berupa teks deskripsi. Bahasan yang diujikan di sini biasanya berupa tenses baik itu present tense, past tense, future tense, perfect tense, continuous tense, dan sebagainya. Selain itu, biasanya juga berupa teks rumpang yang harus diisi kata-kata yang sesuai dengan konteksnya. Dalam hal ini, siswa diuji tentang penguasaan kosa kata Bahasa Inggris. Oleh karenanya, siswa juga diharapkan memiliki kosa kata yang cukup banyak.

5. Menyusun Kalimat dan Paragraf
     Dalam bagian terakhir, biasanya siswa diminta untuk menyusun kalimat dan paragraph. Nantinya, akan disediakan kumpulan kata yang disusun secara acak dan siswa harus merangkai kata tersebut menjadi kalimat yang sesuai dan benar. Jenis kalimatnya biasanya berupa compound sentence atau complex sentence. Kemudian, ada soal dimana siswa harus menyusun paragraf. Nantinya akan disediakan beberapa kalimat yang acak dan siswa diminta untuk menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf yang sesuai dan benar. Biasanya berupa paragraf dari teks deskripsi dan teks prosedur.

     Itulah beberapa jenis soal dan teks yang sering diujikan di UN Bahasa Inggris SMP/SMA. Walaupun biasanya ada perbedaan, namun tidak tidak terlalu signifikan. Pastinya, kesiapan siswa lah yang menjadi bekal untuk sukses UN Bahasa Inggris. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas lebih detail lagi soal dan teks yang sering diujikan dalam UN Bahasa Inggris SMP/SMA dan tentunya dengan tips dan triknya. Semoga bermanfaat..dan semoga sukses!

Kata Kunci:

Ujian Nasional SMP/SMA, UN SMP/SMA, UN Bahasa Inggris SMP/SMA, Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP/SMA, Tips dan Trik UN, Soal-Soal UN Bahasa Inggris, Jenis-Jenis Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA, Cara Mengerjakan Soal UN Bahasa Inggris SMP/SMA.

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts