Wednesday 18 October 2017

Jajanan Sekitar UNNES 2017, Wajib Dicoba!

Jajanan Sekitar UNNES 2017, Wajib Dicoba!

Jika sobat pergi ke suatu tempat, tentunya kuliner tidak lepas menjadi destinasi utama yang ditunggu-tunggu. Benar kan? Seperti yang ada di Semarang nih, lebih tepatnya di UNNES atau Universitas Negeri Semarang. Tidak hanya dikenal dengan beragam kulinernya, namun juga harganya yang masih terjangkau (maklum, kantong mahasiswa). Bukan hanya orang asli sini saja yang berjualan, tapi juga banyak mahasiswa yang mencoba untuk mandiri dengan menjajal berjualan menjadi wirausaha muda. Berikut beberapa jajanan sekitar UNNES yang patut untuk dicoba.
1. Sempolan
Sempolan merupakan jajanan khas Jawa Timur yang terbuat dari tepung tapioka (aci). Jajanan bertekstur kenyal ini berbentuk lonjong dan ditusuk dengan bambu seperti sate. Sempolan kemudian digoreng dan siap dinikmati dengan balutan saus atau sambal sehingga menambah cita rasanya. Sempolan ini ada yang mempunyai rasa ikan atau ayam bergantung selera. Di UNNES, sobat bisa dengan mudah menemukan sempolan seperti di dekat lapangan Banaran yang biasanya disebut sebagai alun-alunnya Banaran karena saking ramenya. Harganya sangatlah terjangkau, yaitu mulai dari Rp 2.000,- @3 tusuk sempolan.

Baca Juga:

2. Olos
Olos adalah jajanan khas Tegal yang berbentuk bulat dan terbuat dari tepung aci dan terigu. Olos diisi dengan sayuran kol yang sudah dicincang kecil dan dicampur dengan cabai rawit. Jadi kalau sobat makan olos siap-siap merasakan sensasi pedas yang bikin ketagihan. Namun, jika sobat tidak terlalu suka pedas, biasanya ada olos yang tidak berisi cabai jadi aman. Olos bisa dinikmati secara original, atau juga bisa pakai bumbu tambahan seperti BBQ, jagung bakar, atau keju. Di UNNES, sobat juga bisa dengan mudah menemukan olos, seperti di dekat lapangan Banaran, simpang tujuh, dan sekitarnya. Untuk harganya tidak usah khawatir, harga mahasiswa pokonya yaitu mulai dari Rp 2.000,- @3 butir olos.

3. Capcin (Cappucino Cincau)

Capcin memang menjadi minuman yang populer akhir-akhir ini. Perpaduan kesegaran cappucino dengan irisan cincau sangat memanjakan para penikmat kuliner. Rasa yang unik dan harga yang terjangkau membuat minuman ini banyak digemari oleh mahasiswa. Capcin ini mempunyai beberapa toping yang semakin menambah kenikmatannya, seperti toping chocochips, keju, dan meses. Bukan hanya cappucino, beberapa rasa baru juga mulai diciptakan oleh beberapa penjual, seperti mocca, vanilla, dan original. Minuman ini sangat cocok saat terik matahari disiang hari dan juga saat malm hari. Untuk menemukan capcin di UNNES sangatlah mudah karena banyak yang berjualan dengan berbagai variasi seperti di sepanjang jalan taman siswa, jalan sekaran, dan lapangan banaran. Harganya sangatlah terjangkau, yaitu mulai dari Rp 6.000,- @1 cup capcin.

4. Tahu bulat
Tahu bulat juga menjadi jajanan yang populer akhir-akhir ini. Dengan ciri khas tahu berbentuk bulat dengan bagian dalam kopong (tidak berisi), digoreng langsung di mobil bak terbuka, dan biasanya berkeliling. Jajanan ini terkenal khasnya bersasal dari Jawa Barat. Untuk menambah rasa nikmat tahu ini, biasanya diberi bumbu tambahan seperti pedas, manis, atau original dan disantap ketika masih hangat karena baru matang digoreng. Untuk menemukan tahu bulat di UNNES, biasanya berada di simpang tujuh dengan mobil bak terbuka sebagai pangkalannya. Harganyapun sangatlah terjangkau, yaitu mulai dari Rp 500,- @ 1 butir tahu bulat.


5. Seblak

Seblak merupakan jajanan yang terkenal dari Jawa Barat dengan cita rasa gurih dan pedas. Seblak merupakan olahan kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran, telur, dan bumbu lainnya. Dengan tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih, seblak menjadi jajanan yang digemari di sekitar UNNES. Seblak ini dapat disajikan dengan kuah atau seblak basah dan seblak kering yang yang tanpa kuah. Tapi untuk soal rasa tentu tidak diragukan lagi kelezatannya. Tidak hanya itu, sekarang seblak juga mempunya beragam rasa dan campuran bahan lainnya yang tidak akan membuat bosen penikmatnya. Di UNNES, seblak juga semakin populer dan bisa dengan mudah ditemukan mulai dari jalan sekaran dan jalan taman siswa. Harganyanya terjangkau, yaitu mulai dari Rp 9.000,- @1 porsi seblak.

Itu dia sobat, beberapa jajanan sekitar UNNES yang banyak digemari, dan tentunya masih banyak lagi jajanan lainnya yang belum disebutkan. Jangan lupa mencoba jajanannya ya sobat...

Baca juga: 



No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts