Friday 3 November 2017

Berwirausaha Bisa Menjadi Gerbang Kesuksesan?

Berwirausaha Bisa Menjadi Gerbang Kesuksesan?
http://www.sumberpengertian.com

Mungkin banyak yang berfikir bahwa menjadi pegawai dengan gaji tetap dan pasti sudah sangat nyaman dan puas. Dengan jam kerja tentu, gaji tetap, dan tanpa takut akan risiko rugi bisa menjadi alasan kuat untuk tetap menjadi karyawan. Namun, di balik itu sebenarnya ada beberapa hal yang terselimuti. Mulai dari risiko PHK yang bisa datang kapan saja, kebebasan waktu yang terbatas, penghasilan yang tetap, terkekakng oleh aturan yang bisa jadi bertentangan dengan idealisme kita, masa depan setelah berhenti kerja, dsb
Disamping itu, ternyata ratio wirausaha di Indonesia baru sebesar 3,1 %. Walaupun ratio sudah lebih dari 2 % yang menjadi syarat minimal masyarakat akan sejahtera, namun itu masih lebih rendah dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia 5 %, China 10 %, Singapura 7 %, Jepang 11 %, dan AS 12 %. Tentu ini menjadi evaluasi bahwa negara seperti Jepang dan AS memiliki ratio wirausaha yang hampir setara dan menjadi negara maju. Dengan jumlah masyrakat Indonesia yang banyak seharusnya juga tersedia lapangan kerja yang memadai. Bukan hanya menjadi pekerja, tapi juga seharusnya mampu mnciptakan lapangan kerja yang seluas-luasnya agar tiddak ada lagi masalah pengangguran. 
Berwirausaha memang tidak mudah dan butuh keberanian dan modal yang cukup. Namun, modal tidaklah semata materi, namun juga non materi seperti pengalaman, relasi, kemampuan, inovasi, kreativitas, dsb. Berwirausaha membutuhkan kretivitas dan inavasi yang cukup agar mampu bersaing di pasaran. Seperti yang disampaikan oleh Eddy Soeryanto Soegoto, bahwa kewirausahaan atau entrepreneurship adalah usaha kreatif yang dibangun berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberi manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain. Dengan begitu, melihat dari peluang kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat, tentu peluang untuk berwirausaha seharusnya juga semakin terbuka. Melihat dari manfaat yang akan didapatkan oleh masyarakat juga menjadi peluang besar karena zaman sekarang banyak masyarakat memilih sesuatu yang praktis dan efisien.
Melihat dari kondisi ini, ternyata kesempatan berwirausaha di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Mindset orang yang takut untuk mulai beriwirausaha akan lebih baik jika dirubah. Walaupun wirausaha di Indonesia masih banyak dikuasai oleh orang yang bermodal besar, tapi ingat bahwa roda selalu berputar. Bisa jadi, berwirausaha menjadi kunci untuk membuka gerbang kesuksesan kita. Mulailah untuk merubah mental bawahan menjadi atasan, mental penonton menjadi mental pemain, dan mental yang digerakan menjadi mental penggerak.
Butuh waktu yang lama memang, tidak cukup 1-2 tahun. Tapi setiap perubahan kecil tentunya akan menjadi tangga menuju perubahan yang lebih besar dan semakin besar.

Sumber data: 
http://www.sumberpengertian.com

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts