Friday 20 April 2018

Cara Memperbaiki Kesalahan Pada Sertifikat TOEFL ITP

Cara Memperbaiki Kesalahan Pada Sertifikat TOEFL ITP


Akhirnya saat-saat yang ditunggu telah tiba setelah hampir dua minggu menunggu. Ya, pengumuman skor TOEFL ITP telah keluar! Itulah yang dipikirkan setelah mengambil tes TOEFL. Saat yang menegangkan dan penuh dengan harapan. Itu juga yang saya rasakan setelah mengambil tes TOEFL di salah satu instansi resmi penyelenggara TOEFL ITP di Semarang. Setelah hampir dua minggu menunggu atau tepatnya 10 hari setelah tes TOEFL ITP, akhirnya skorpun keluar. Tidak terlalu mengecewakan karena skor yang saya harapkan sudah tercapai, walaupun masih jauh dari kata sempurna. Seperti biasa, saya mengamati setiap detail sertifikat yang saya dapatkan. Awalnya saya merasa senang karena sudah sesuai harapan. Namun ada sesuatu yang mencolok di mata ketika saya melihat lebih detail sertifikat yang saya dapatkan. Ternyata tanggal lahir pada sertifikat salah. Ya, kesalahan tanggal lahir pada sertifikat TOEFL ini bisa jadi menjadi masalah, itu yang saya pikirkan. Kemudian saya mencari tahu apakah kesalahan pada setifikat TOEFL ini bisa diperbaiki. Ternyata kesalahan pada sertifikat TOEFL bisa diperbaiki, namun dengan sedikit waktu dan biaya. Kesalahan seperti nama dan tanggal lahir. Nah, di sini saya akan berbagi bagaimana cara memperbaiki kesalahan tanggal lahir pada sertifikat TOEFL ITP. 
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi instansi tempat dimana kita melakukan tes TOEFL ITP sebelumnya. Biasanya mereka akan melakukan konfirmasi ke IIEF pusat di Jakarta, namun bisa juga kita yang diminta untuk menghubungi sendiri ke pihak IIEF. Dari situ, ada beberapa poin penting yang didapatkan dari IIEF:
1. Peserta hanya dapat melakukan pencetakan ulang di mana peserta melakukan tes. Artinya, kita bisa melakukan perbaikan sertifikat di mana kita melakukan tes TOEFL sebelumnya karena hanya instansi tersebut yang berwewenang dan mempunyai data kita.

2. Peserta hanya boleh melakukan satu kali cetak ulang setiap kali tes dilakukan. Artinya, kita bisa melakukan perbaikan hanya sekali setelah tes. Oleh karena itu, pastikan saat melakukan perbaikan data harus benar (nama dan tanggal lahir).

3. Peserta yang dapat melakukan cetak ulang adalah dengan skor TOEFL di atas 460 dan melaksanakan tes satu tahun setelah melakukan tes. Memang sertifikat hanya akan dikeluarkan/dicetak apabila peserta mendapat skor minimal 460. Jika kurang dari 460 maka tidak akan mendapat sertifikat. Kemudian, pencetakan ulang sertifikat hanya bisa dilakukan maksimal satu tahun setelah tes dilakukan. Setelah satu tahun maka pencetakan ulang tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya perbaikan dilakukan dengan segera.

4. Proses pencetakan ulang memakan waktu kurang lebih 7-10 hari setelah institusi mengirim form permintaan dan melakukan pembayaran dan mengirim kembali seluruh sertifikat yang salah (jika terdapat revisi nama/tanggal lahir). Oleh karena itu, seluruh sertifikat yang salah dikembalikan ke institusi dimana kita melakukan tes, melakukan pembayaran, dan menunggu institusi mengirim form pencetakan ulang.

5. Terkait perbaikan tanggal lahir, maka WAJIB melampirkan foto kopi/scan ID card yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor) untuk memastikan tanggal lahir dengan benar. Ini mungkin juga berlaku bagi kesalahan nama agar perbaikan benar-benar sesuai.

6. Biaya yang dikenakan adalah sebesar Rp 250.000,- yang dilakukan oleh institusi dimana kita melakukan tes ke IIEF, bukan dari peserta ke IIEF. Artinya, peserta membayar biaya pencetakan ulang ke institusi dimana peserta melakukan tes untuk selanjutnya dibayarkan ke IIEF. Biaya saat ini (tahun 2018) adalah Rp 250.000,- dan bisa jadi biaya akan berubah tiap tahun.

Dari poin-poin tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa untuk memperbaiki kesalahan pada sertifikat TOEFL peserta tinggal menghubungi institusi dimana tes dilakukan dengan membawa sertifikat yang salah, membawa foto kopi ID card (KTP/SIM/Paspor), dan uang sebesar Rp 250.000,-. Peserta tinggal menunggu pencetakan ulang sertifkat sekitar 1-2 minggu untuk mendapatkan sertifikat TOEFL yang sudah diperbaiki. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts