Tuesday 31 August 2021

Perbedaan Penggunaan Pronoun “I” dan “Me” dalam Bahasa Inggris Disertai dengan Contoh dan Latihan Soal

 Perbedaan Penggunaan Pronoun “I” dan “Me” dalam Bahasa Inggris Disertai dengan Contoh dan Latihan Soal

Penggunaan:

I berfungsi sebagai Subjek Pronoun, yaitu berfungsi sebagai subjek, posisinya didepan kata kerja (verb).

Me berfungsi sebagai Object Pronoun, yaitu berfungsi sebagai objek, posisinya dibelakang kata kerja (verb).

Perhatikan tabel di bawah ini:

I

Rumus

Example

Artinya

I

S + V + O

I make a cake

Saya membuat sebuah kue

I will go to canteen

Saya akan pergi ke kantin

I  swim every Sunday

Saya berenang setiap hari minggu

I broke the glass yesterday

Saya memecahkan gelas kemarin

I give you money

Saya memberi kamu uang

Me

Rumus

Example

Artinya

me

S + V + O

Do you like me?

Apakah kamu menyukai saya?

She loves me

Dia menyukaiku

My father gives me new phone

Ayahku memberi saya HP baru

Is it for me?

Apakah ini untuk saya?

Sania studies with me

Sania belajar dengan saya

Catatan:

Kalau “I” itu subjek/ orangnya melakukan aktifitas/kegiatan/aksi. Sedangkan “me” itu sebagai objek yang dikenai aksi/tindakan

Cara mudah membedakannya

Misalkan:

1. Saya memukul kamu = I hit you

    Kamu memukul saya = You hit me

2. Saya pergi dengan Diana = I go with Diana

   Diana pergi dengan saya  = Diana goes with me

 

 


Semoga bermanfaat!

Baca Juga:

1. Perbedaan Do dan Does Dalam Bahasa Inggris

2. Preference Dalam Bahasa Inggris

3. Preposition Dalam Bahasa Inggris

4. Keluarga Dalam Bahasa Inggris

5. Adjective Dalam Bahasa Inggris

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts