Sunday 12 March 2017

Manfaat Kuliah


Manfaat Kuliah
www.manfaat.co.id


Mungkin sebagian besar lulusan SMK/SMA/MA sederajat bingung ketika pengumuman lulusan berakhir. Harus kuliah atau kerja? Banyak orang tua yang menyarankan anaknya agar kuliah, tapi juga tidak sedikit yang menyarankan anaknya untuk bekerja, alasannya sih biar cepet dapat penghasilan. Namun, apakah penghasilannya dapat menjamin masa depannya? Tentu ini yang menjadi dilema bagi kebanyakan siswa. Alangkah baiknya selepas sekolah lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Kenapa si harus kuliah? 
Berikut beberapa manfaat kuliah:

1. Menambah wawasan
 Ya...ketika kuliah, tentu wawasan akan semkain luas dan bertambah. Ko bisa? karena ketika kuliah kita akan banyak bertemu dengan orang-orang hebat dari berbagai wilayah di Indonesia. Kita bisa berbagi ilmu, pengalaman, wawasan, budaya, dan lain sebagainya.  Bukan hanya itu, kuliah juga biasanya menuntut kita untuk banyak membaca informasi, entah dari buku atau media elektronik dan cetak. Ini tentunya akan menambah wawasan kita untuk lebih jauh mengetahui tentang dunia luar.

2. Menambah Relasi
Ini yang menjadi modal besar dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu relasi dengan orang lain. Dengan banyaknya orang-orang dari luar daerah tentu ini menjadi peluang besar untuk menambah teman dan relasi sebanyak-banyaknya. Kita bisa berbagi ilmu dan menjalin kerja sama baik dengan mereka. Tentunya  ini akan berdampak positif dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial.

3. Mengubah pola pikir
Betul sekali, pola pikir kita akan berubah. Kuliah mengajarkan kita untuk selalu berfikir dan mengetahui hal-hal baru. Biasanya sih awalnya kuliah untuk mencari pekerjaan yang layak, ingin banyak uang, sukses, dll. Namun ketika sudah mengetahui arti sesungguhnya, maka itu mungkin akan menjadi prioritas yang ke sekian. Tentunya prioritas utama adalah untuk mencari makna kehidupan yang sesungguhnya, yaitu kebermanfaatan diri kita untuk orang lain. Kita bisa mengamalkan ilmu kita, bisa berbagi dengan orang yang belum dst. Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain, Tentu ini akan memberikan kepuasan tersendiri ketimbang harta, pangkat, dan sebagainya. Nilai kehidupan untuk saling berbagi manfaat akan lebih mengena dan akan lebih dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar kita.

4. Menjamin masa depan
Ya, karena ketika kita menjadi orang yang akademisi dengan ilmu yang mumpuni, kita akan lebih  mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Tentunya sesuai dengan porsi kita, sesuai dengan usaha kita, dan keseriusan kita. Karena berbekal ijazah yang tinggi yang akan memberikan kita nilai plus yang dapat dipertimbangkan oleh perusahaan.

5. Berfikir kritis
Ini yang menjadi hal penting yang harus dimiliki orang seorang mahasiswa, atau lebih tepatnya kaum muda. Dimana, kaum muda harus bisa membaca kondisi sekitar, mengamati, menganalisa, dan menentukan langkah untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Karena sejatinya berfikir kritis menjadi modal yang baik untuk menjadi agen perubahan ke arah yang lebih baik. Dengan banyaknya permasalahan, diharapkan mahasiswa sebagai kaum muda bisa memberikan solusi yang baik dan tentunya memberi manfaat.

6. Menambah Kepercayaan Diri
Dengan kuliah, banyak pengalaman, ilmu, wawasan dan hal-hal baru yang dapat meningkatkan kapasitas kita sebagai kaum muda. Kita juga akan dilatih untuk menjadi orang yang bisa mengemukakan pendapat dan sebagainya. Ini akan menjadi bekal yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri.


Itulah beberapa manfaat kuliah. Tentunya masih banyak lagi manfaat-manfaat lain yang bisa diperoleh ketika kuliah. Jadi, tidak usah bingung lagi. Mantapkan hari untuk kuliah dan jadilah agen perubahan kearah yang lebih baik. Di mana ada kemauan, di situ banyak jalan. Amin

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts