Wednesday 15 November 2017

Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus Part 2

Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus Part 2
www.fingerspot.com

Kembali lagi ni sobat semua, kali ini saya akan berbagi sedikit tentang manfaat yang bisa sobat dapatkan ketika mengikuti organisasi di kampus. Di artikel sebelumnya saya sudah berbagi beberapa manfaat mengikuti organisasi di kampus yaitu di UNNES (Universitas Negeri Semarang), dan kali ini saya akan melanjutkan lagi nih beberapa manfaat yang bisa sobat dapatkan. Mungkin di artikel sebelumnya di Manfaat Mengikuti Organisasi di Kampus saya berbagi mengenai hal yang mendasar dan mungkin semua orang bisa mendapatkan secara langsung. Namun, kali ini saya akan mengupas tentang hal yang lebih dalam lagi dan yang tentunya akan sangat berguna baik masih di kampus maupun dapat diaplikasikan di luar kampus. Beberapa hal berikut mungkin bisa saja tidak sobat dapatkan ketika hanya sibuk kuliah, ngerjain tugas, main, dan sebagainya. Langsung saja simak hal-hal berikut ini ya.

1. Menemukan keluarga baru
Sebagai seorang mahasiswa tentunya tidak hanya berasal dari daerah sekitar kampus saja. Malahan mayoritas berasal dari luar dari yang jauh, entah itu luar kota, provinsi, bahkan luar pulau alias merantau. Kehidupan yang jauh dari keluarga tentu akan sangat berbeda karena tidak ada yang memberi perhatian, nasihat, tempat berbagi dan sebagainya. Dengan mengikuti organisasi di kampus, sobat bisa menemukan keluarga kecil baru yang bisa menjadi tempat sobat untuk saling berbagi, saling memberi perhatian, saling menasihati, saling membantu, dan sebagainya. Walaupun tidak seperti keluarga di rumah, tapi minimal bisa menjadikan organisasi itu sebagai rumah sementara yang bisa saling menjaga sobat semua. Hal ini mungkin tidak di dapatkan teman-teman yang hanya sibuk kuliah, yang hanya bertemu dengan teman di kelas, di kantin, maupun saat hanya mengerjakan tugas kelompok saja. Lebih dari itu, di organisasi sobat bisa lebih sering berkumpul bersama dengan hal-hal yang lebih bermanfaat dan tentunya produktif.

2. Melatih memecahkan masalah
Layaknya setiap manusia pasti mempunyai masalah, entah itu masalah pribadi, kelompok, masyarakat, negara, bahkan internasional. Setiap masalah ada yang bisa dipecahkan secara pribadi dan ada yang bisa dipecahkan hanya ketika bersama-sama. Ketika kuliah, tentunya sobat akan dihadapkan pada masalah entah itu internal maupun eksternal yang mungkin tidak bisa sobat selesaikan sendiri. Dengan berorganisasi, sobat akan lebih banyak terlatih untuk menyelesaikan masalah baik itu individu maupun kelompok, baik dengan musyawarah maupun individu, baik secara negosiasi maupun secara hukum. Berorganisasi akan lebih banyak belajar bermusyawarah dan berbagi solusi, cara menganalsis masalah, cara menyelesaikan masalah, dan cara mencegah masalah agar tidak terulang kembali.

3. Meningkatkan rasa saling menghormati dan menghargai
Berorganisasi pastinya akan lebih heterogen dimana setiap individu memiliki karakteristik masing-masing karena berasal dari latar belakang yang berbeda entah itu dari keluarga, suku, adat, budaya, agama, dan kebiasaan dari masing-masing wilayah. Dengan keberagaman tersebut pastinya akan melatih kita untuk bisa saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada. Kenapa itu perlu? karena dengan berorganisasi kita akan lebih banyak berinteraksi dengan teman-teman tersebut dan mungkin akan mengenal lebih jauh lagi. Mengenal lebih dalam tentang perbedaan ide dari setiap individu, sifat, budaya, kebiasaan, dan sebagainya yang belum pernah ditemukan sebelumnya. Dengan mengetahui setiap perbedaan tersebut, kita harus bisa saling menghormati dan menghargai dan menyatukannya untuk mencapai tujuan yang sama dari sebuah organisasi. Poin pentingnya adalah, menyatukan semua perbedaan dengan saling menghormati dan menghargai untuk mencapai tujuan yang satu dari sebuah organisasi.

4. Melatih kerja sama
Kehidupan manusia yang disebut sebagai makhluk sosial adalah kehidupan yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Layaknya ketika berorganisasi, kita akan dilatih untuk lebih banyak bekerja sama dalam tim dimana satu sama lainnya saling membutuhkan dan melengkapi. Dengan berorganisasi tentunya banyak kegiatan yang harus dikerjakan secara berkelompok untuk mencapai tujuan yang sama. Itulah yang membuat kita akan terbiasa bekerja sama dalam kelompok tersebut. Cara berkomunikasi, cara menghargai orang lain, cara memperlakukan orang lain, cara menasihati orang lain agar tidak tersinggung, dan sebagainya adalah pon penting dari kerja sama dalam kelompok. Tentunya ini akan sangat berguna baik secara langsung maupun tidak langsung di kemudian hari baik di masyarakat, kantor, tempat kerja, dan tempat lainnya yang mengharuskan kerja sama tim.

5. Mengaplikasikan terori ke dalam praktek
Ketika kuliah, pastinya banyak teori yang didapatkan di kelas. Namun, saya yakin kebanyakan teori tersebut lebih sedikit diaplikasikan ketika di luar kelas. Dengan mengikuti organisasi, maka peluang untuk mengaplikasikan teori menjadi praktek akan lebih terbuka. Dengan banyaknya kegiatan yang terjun langsung ke lapangan, berorganisasi menjadi ladang yang pas untuk mempraktekkan setiap kemampuan yang dimiliki masing-masing individu. Seperti kemampuan bahasa dan seni, pengetahuan alam dan matematika, pendidikan, ekonomi, sosial, hukum, olahraga, teknologi bisa diaplikasikan ketika berorganisasi. Bukannya mengurangi waktu belajar, berorganisasi bisa menjadi ladang belajar yang bagus karena sembari berteori sembari mempraktekan langsung.

6. Melatih kepekaan dan jiwa sosial
Rasa peduli dan jiwa sosial mungkin tidak datang secara langsung dan instant begitu saja. Butuh pemicu dan lingkungan yang pas untuk memunculkannya. Sikap ini bisa kita asah dengan mengikuti organisasi di kampus. Dengan berbagai masalah, fenomena, dan kejadian yang ada di sekitar akan melatih kepekaan dan jiwa sosial kita. Rasa peduli akan setiap masalah akan bisa lebih menggerakkan kita ketika ada tindak lanjut yang nyata. Dengan berorganisasi, maka akan ada lebih ruang untuk saling bertukar ide, menganalisis, menemukan solusi, dan tentunya ada tindak lanjut yang nyata. Dengan membiasakan diri dalam sikap dan situasi ini, maka kepekaan dan jiwa sosial akan semakin melekat dan menjadi bagian dari diri kita yang akan merespon secara otomatis setiap kejadian sosial disekitar kita.

7. Meningkatkan rasa tanggung jawab
Setiap manusia tentunya memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab itu semakin hari akan semakin besar. Namun, masih saja ada tanggung jawab yang belum bisa kita penuhi sepenuhnya dengan berbagai alasan. Nah, dengan mengikuti organisasi kita dipastinya akan dihadapkan pada sebuah tanggung jawab. Tanggung jawab yang membawa nama pribadi, organisasi, dan instansi. Maka, mau tak mau kita harus bisa menjalankan dan mentuntaskan setiap tanggung jawab yang kita terima. Dengan begitu, kita akan semakin banyak belajar untuk memikul tanggung jawab, menjalankan, dan menuntuskannya karena setiap tanggung jawab pasti ada tanggungannya. Tanggung jawab ini tentunya akan selalu kita dapatkan di kemudian hari, dan pembelajaran ini tentunya akan sangat berguna juga di kemudian hari.

8. Meningkatkan kedisiplinan
Kedisplianan menjadi poin penting bagaimana seseorang dapat bekerja dan menyelesaikan segala sesuatu secara tepat waktu. Seseorang yang mempunyai disiplin bagus akan mempunya kredibilitas yang tinggi. Di sini, dalam berorganisasi kita juga dituntut untuk selalu disiplin, baik itu disiplin waktu, disiplin tugas, disiplin diri, dan sebagainya. Disiplin bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kita harus mulai melatihnya, salah satunya adalah dengan mengikuti organisasi. Dengan berbagai tugas, kegiatan, tanggung jawab, dan waktu yang ada, beroganisasi menjadi ladang yang tepat untuk melatih kedisiplinan kita.

Demikian sobat, beberapa manfaat dan pastinya menjadi nilai tambah tersendiri ketika mengikuti organisasi di kampus. Tentunya itu semua adalah ungkapan kata-kata yang belum tentu kebenarannya. Oleh karena itu sobat, mulailah mencoba untuk mengikuti organisasi ketika masih kuliah dan rasakan sendiri pengalamannya agar bisa saling berbagi juga di sini. Semoga bermanfaat, dan saya tunggu pengalamannya sobat semua.

Sekian.

Baca juga: My Amazing Moment in Sindoro Mountain My Adventure in Reaching Andong Montain Peak

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak

Post Unggulan

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, Wisata Edukasi dan Sejarah My Own Property Yogyakarta memang terkenal dengan beragam wisatanya...

Popular Posts